by

Unik, Mike Tyson Pakai Peci Haji sebelum Hadapi Roy Jones Jr

Mike Tyson tampil unik saat akan menghadapi Roy Jones Jr di Staples Center, Los Angeles, California, Minggu (29/11/2020), siang WIB. Tyson memakai peci haji berwarna hitam di ruang ganti dan ketika hendak naik ke atas ring.
Cukup unik melihat penampilan Tyson sebelum bertarung, tetapi itu tidaklah aneh. Sebab, Tyson sudah memeluk agama Islam sejak lama. Menurut New York Times, Tyson mulai mengenal Islam saat berkenalan dengan Muhammad Sideeq. Sideeq adalah ulama dari Nation of Islam, organisasi muslim kulit hitam di Amerika Serikat.
Perkenalan Tyson dengan Sideeq terjadi saat dirinya dipenjara di Indiana Youth Center pada 1992. Tyson masuk penjara karena diputuskan bersalah dalam kasus perkosaan kepada ratu kecantikan berumur 18, Desiree Washington.
Saat keluar dari penjara pada 1995, penampilan Tyson tampak berbeda karena mengenakan peci putih. Sesaat setelah keluar, tempat pertama yang dikunjungi Tyson adalah masjid di dekat penjara.
Sejak itu, Tyson menunjukkan kepada dunia, bahwa dirinya seorang muslim. Nama Islam Tyson adalah Malik Abdul Aziz, tetapi dia lebih dikenal dengan nama lamanya hingga sekarang.
Tyson kembali menunjukkan identitasnya sebagai seorang muslim saat melawan Jones Jr. Meski begitu, Tyson tidak mampu memenangkan pertarungan kontra Jones Jr.
The Iron Mike –julukan Tyson– mendominasi pertarungan dengan setiap pukulannya. Sementara itu, Jones Jr lebih banyak bertahan dari serangan Tyson.
Meski begitu, Tyson juga sempat berada di bawah tekanan Jones Jr. Tyson bertahan dari serangan-serangan Jones Jr pada ronde ketujuh. Meski begitu, Tyson mampu bertahan hingga ronde penentuan.
Tyson tampak akan keluar sebagai pemenang jika menilik penampilannya sepanjang pertarungan berlangsung. Akan tetapi, para juri memutuskan duel tersebut berakhir imbang.
Keptusuan itu tampak kurang adil untuk Tyson, tetapi hasil bukan inti dari pertarungan dua legenda tinju dunia tersebut. Bagi Tyson, pertarungan melawan Jones Jr merupakan ajang beramal. Dia akan menyumbangkan bayarannya dari pertarungan tersebut.

(INT)

Comment