by

Untuk Glenn Fredly, Aura Kasih Ungkap Kisah di Balik Novel Renjana

Jakarta, BKA- Aura Kasih akhirnya buka suara tentang asal muasal novelnya yang berjudul “Lagu Untuk Renjana”. Buku itu sempat diperbincangkan publik ketika Glenn Fredly meninggal dunia.

Aura Kasih mengakui buku itu terinspirasi dari lagu mendiang Glenn Fredly yang berjudul “Renjana”. Namun dia membantah jika musisi berdarah Ambon itu menciptakan lagu “Renjana” khusus untuknya.

“Jadi sebenarnya itu terinspirasi dari lagunya almarhum Glenn, itu dia bikin lagu itu. Terus aku bilang, di antara semua lagi lo ini ter the best, simpel, kayak aduh kok ini bagus banget. Jadi gue ngambil beberapa lagu beliau yang ada jiwanya,” kata Aura Kaish. di channel YouTube Melaney Ricardo, Kamis (14/5/2020).

“Akhirnya si Renjana ini gue enggak tahu dia bikin buat siapa, itu dia bikin 2012. Gue bilang ini lagu buat gue boleh enggak sih. Aku mau bikin tulisan atau apa pun lah,” sambungnya.

Lebih jauh perempuan 33 tahun ini menuturkan, jauh sebelum novel Renjana keluar dia sudah meminta izin kepada Glenn Fredly pada tahun 2015.

“Nah di 2018 itu akhirnya gue sempurnain si tulisan ini. Memang di 2015 sudah bikin, gue sudah izin, ‘Glenn gue bikin ya’. Kami waktu itu juga masih berhubungan ya. ‘Oh iya enggak apa-apa’, gitu. Tapi aku sudah bilang, ini lagi buat aku ya soalnya bagus banget, sangat indah,” ungkap Aura Kasih.

Aura Kasih mengakui beberapa karakter dalam novel itu memang diambil dari karakter nyata. Namun sebagian alur ceritanya sudah ditambahi bumbu drama.

“Kalau terinspirasi dari cerita kehidupan pribadi yang dimasukin ya paling beberapa lah, kurang lebih ke karakter. Tapi kalau premisnya ya itu fiksi, tapi ada beberapa yang memang karakter dimasukkan, tapi selain itu ya novel,” jelas Aura Kasih.

Hingga akhirnya, pada 2019 novel Renjana ini di rilis ke pasaran. Bahkan tertera di dalam novel, bahwa buku itu ditulis terinspirasi dari lagu “Renjana” milik Glenn Fredly.

“Ya sudah gue bikinin buku. Di situ juga di novelnya ditulis memang dari lagu ‘Renjana’-nya Glenn Fredly,” tutur Aura Kasih.

Seperti diketahui, Aura Kasih mendedikasikan buku yang pernah ditulisnya bersama penyair Faizal Syqhreza berjudul Lagu Untuk Renjana untuk mendiang Glenn Fredly.

“Satu karya yang akhirnya bisa ku dedikasikan untukmu. Terima kasih untuk lagu yang sangat indah,” tulis Aura Kasih kasih dalam keterangan fotonya di Instagram Story, Rabu (8/4/2020). (INT)

Comment