by

UTBK Unpatti Berjalan Lancar

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon berjalan lancar, menggunakan protokoler kesehatan, Senin (6/7).

Kepala Biro (Karo) Bidang Akademik Kemahasiswaa, Perencanaan, dan Hubungan Masyarakat dan Alumuni Unpatti Ambon, Daniel Nanuru, pelaksanaan UBTK hari ke dua tersebut diikuti 2.013 calon mahasiswa.

“Jadi, sejak pembukaan UTBK, pada Minggu (5/6), proses ujiannya berjalan lancar di lima lokasi, yakni, di Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta ruang Registrasi Pusat. Semoga semua bisa berjalan lancar terus sampai selesai di 14 Juli mendatang,” ujarnya.

Menurutnya, proses UBTK yang dilakukan tahun ini, sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena semua peserta ujian diharuskan memakai masker dan mencuci tangan sebelum memasuki ruangan ujian. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus di lingkungan kampus orang basudara itu.

Nanuru mengakui, kalau pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di Unpatti Ambon melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguran Tinggi (SBMPTN) pada 2020 ini.

Target Unpatti Ambon tahun ini yang akan mengikuti UBTK SBMPTN sebanyak 4000 lebih peserta. Namun yang mendaftar hanya 2013 peserta.

Bahkan tahun ini, katanya, jumlah peserta mengalami penurunan drastis. Sekitar 1000 peserta lebih. Karena pada 2019 lalu, jumlah peserta UTBK SBMPTN sebanyak 3000 peserta.

“Memang target kita 4000 lebih. Tapi karena kondisi, jadi kita sesuaikan saja. Yang terpenting, semua proses ujian berjalan lancar tanpa ada kendala. Apalagi dengan penyebaran virus saat ini, kita harus waspada. Karena itu, UTBK ini dilakukan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Setiap peserta wajib memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk ruangan,” tandas Nanuru.(LAM).

Comment