by

Waihaong Libatkan Bhabinkamtibmas Dalam Program Berjalan

Ambon, BKA- Kelurahan Waihaong, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon melibatkan babinsa dan bhabinkamtibmas dalam segala kegiatan yang dilaksanakan. Bukan saja menjaga keamanan dan ketentraman kelurahan, mereka juga berperan dalam berbagai hal yang dilaksanakan berkaitan dengan masyarakat. Misalnya saja dalam pembagian sembako dan penyuluhan covid-19. Bahkan babinsa dan bhabinkamtibmas disini juga ikut mendukung setiap program kerja yang sedang dijalankan.

“Kami menjalankan perintah atasan, dalam hal ini melakukan sosialisasi kepada warga terkait upaya pencegahan penyebaran covid-19. Sosialisasi biasa berupa himbauan agar warga tetap menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah. Selain itu juga kami selalu mengawal pembagian bansos kelurahan. Kami juga sudah dipersiapkan untuk memprioritaskan pembentukan kampung tangguh dalam hal perikanan,” tutur Bripka Ahmad Sumardi Babinsa Kelurahan Waihaong.

Menjalankan tugas lain bukan berarti mereka melupakan tanggung jawab mereka untuk tetap menjaga keamanan. Sumardi mengakui bahwa untuk menjaga keamanan, jika ada masalah yang terjadi selalu diselesaikan dengan segera. Ia juga selalu melibatkan aparatur pemerintah kelurahan dalam menangani masalah yang terjadi. Baginya, prinsip kerja tiga pilar merupakan motonya. Tiga pilar memiliki arti Lurah, babinsa dan bhabinkamtibmas yang saling bekerja sama dalam menjaga keamanan.

“Untuk menjaga keamanan kami selalu berusaha kemungkinan terjadi permasalahan itu sanagt kecil. Jika terjadi masalah dilapangan kami segera selesaikan. Kami melakukan pendekatan untuk memberikan pengertian mengenai hukum yang harus dipatuhi oleh warga. Kami juga selalu memberitahukan kelurahan jika ada permasalahan. Jadi selalu ada kerja sama yang baik, karena bagi saya moto tiga pilar itu penting dalam menjalankan kerja sama,” tambahnya.
(MG-1)

Comment