by

Walikota : Pasar Tradisional Harus Dijaga

Ambon, BKA- Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengungkapkan, pasar yang ada di Kota Ambon terutama pasar tradisional harus dijaga dengan baik. Hal tersebut harus dilakukan untuk mencegah pasar menjadi cluster baru penyebaran covid-19.

Sebab pasar sendiri merupakan lokasi yang paling ramai dikunjungi masyarakat maupun ramai dengan aktivitas masyarakat saat ini. Dengan begitu, akan membuka peluang besar terhadap penyebaran covid-19, yakni semakin meningkat akibat pergerakan orang yang terus terjadi.

Untuk itu, Pemerintah Kota sementara bekerjasama dengan TNI/Polri untuk menjaga agar pembatasan pergerakan orang di pasar dapat diawasi dengan ketat. Dan dapat diterapkan oleh masyarakat maupun pedagang yang ada.

Mengingat, saat ini jumlah kasus Covid-19 di Kota Ambon terus mengalami kenaikan. Maka pasar yang merupakan tempat paling banyak dikunjungi itu, harus dapat dijaga dengan baik untuk tidak menjadikan pasar sebagai cluster penyebaran covid-19 yang baru.

“Kita bersyukur bahwa pasar ini kerja sama dengan TNI Polri. Semakin hari makin baik. Dan kita berusaha terus untuk menjaga, jangan sampai terjadi cluster baru di situ,” terang Louhenapessy, kepada wartawan di Korem Binaiya 151 Ambon, Jumat (3/7).

Mantan Anggota DPRD Provinsi Maluku ini mengaku, saat pasar menjadi cluster terbaru penyebaran Covid-19, akan semakin membuat kasus covid 19 membludak akibat banyaknya masyarakat dari berbagai penjuru di Kota Ambon berkumpul pada lokasi itu. “Karena kalau jadi cluster baru itu, akan berbahaya sekali untuk itu,” tuturnya.

Ia berharap, pasar tidak menjadi kelas terbaru untuk penyebaran covid-19 di Kota Ambon, sehingga ada pengurangan kasus di Kota Ambon, bukannya penambahan kasus. Maka dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah dilakukan, harusnya masyarakat dapat memahami dan menerapkan untuk diri sendiri guna mencegah penyebaran wabah dimaksud.

Karena menurutnya, saat ini seluruh pembatasan telah dilakukan baik untuk pergerakan orang fasilitas umum maupun tempat umum, untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19.

“Semoga masyarakat dapat lebih menyadari tentang pentingnya proteksi diri maupun protokol kesehatan, saat beraktivitas di pasar. Karena pasar merupakan tempat untuk membeli kebutuhan utama oleh masyarakat yang ada di kota Ambon,” pungkasnya. (DHT)

Comment