by

Wally : Ambon Butuh Aturan New Normal

Ambon, BAK- Anggota DPRD Kota Ambon, Yusuf Wally menilai, penerapan percontohan new normal yang akan diterapkan Pemerintah Kota Ambon di kawasan pasar Mardika, sangat tepat. Agar disiplin masyarakat dalam menjalankan protokoler kesehatan dapat terlaksana dengan baik.

Namun kata dia, Pemerintah Kota Ambon perlu membuat aturan penerapan new normal sambil melakukan upaya pencegahan Covid-19. Dan masyarakat diharapkan mengikuti aturan tersebut dengan selalu menerapkan protokoler kesehatan.

“New normal adalah langkah percepatan penanganan Covid-19 dalam bidang kesehatan, sosial dan ekonomi. Dan Ambon butuh aturan new normal, sambil lakukan upaya pencegahan Covid-19. Maka seluruh jajaran Pemkot Ambon harus pelajari kondisi untuk mempersiapkan tatanan new normal yang baru di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Wally, kepada koran ini, Selasa (2/6).

Misalnya pada Dinas Sosial Kota Ambon, sebutnya, perlu melakukan perbaikan data penerimaan bantuan sosial dan berkoordinasi dengan perangkat desa. Dan dari perangkat desa sendiri, perlu lakukan validasi data yang dimasukan pihak RT dengan turun langsung ke masyarakat untuk melakukan pengecekan kembali data penerima bantuan sosial.

“Ini semua dilakukan, agar tidak timbul kericuhan di masyarakat yang bisa berdampak RT di demo oleh masyarakat. karena masih banyak masyarat yang berhak menerima namun tidak masuk dalam dftar. dan masih ada dalam satu keluarga, itu dua orang yang peroleh. Bahkan hanya orang terdekat atau keluarga RT yang peroleh,” bebernya.

Politisi PKS ini mengaku, Kota Ambon perlu realisasi new normal agar daerah pasar, tempat ibadah dan lainnya dapat disiplin dalam menjalankan protokoler kesehatan dengan dikawan jajaran TNI/Polri.

“Jika dinilai eefektif, tatanan new normal yang baru perlu diperluas pada sekolah, kampus, kantor dan daerah publik serta daerah padat penduduk. Sehingga perbaikan ekonomi, kesehatan dan sosial dapat dipercepat,” saran dia.

Ditambahkan, untuk menuju new normal selama pandemi Covid-19, maka Kota Ambon mampu mengendalikan penularan Covid sebelum menerapkan new normal.

“Maka perlu dijalankan langkah-langkah pencegahan dengan senantiasai pakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan,” kunci Wally. (UPE)

Comment