by

Warga Diharapkan Patuhi Protokol Kesehatan

Ambon, BKA-Upaya memutus mata rantai pandemi Covid-19 di Kota Ambon, menjadi tugas bersama antara pemerintah dan masyarakat. Untuk itu, masyarakat diharapkan patuh terhadap protokoler yang diterapkan lewat pembatasan-pembatasan aktivitas yang diberlakukan pemerintah.

Hal ini disampaikan Komandan Korem (Danrem) 151/Binaiya, Brigjen TNI Arnold A. P Ritiauw, saat menggelar webinar (website seminar) bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku di Kantor Gubernur Maluku, Jumat (17/7).

Selain sebagai narasumber, webinar tersebut turut dihadiri sejumlah peserta dari pemerintah kabupaten dan kota se Maluku. Serta aparat Kodim jajaran Korem 151/Binaiya, Sekretaris Daerah (Sekda) yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Maluku Kasrul Selang, Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan Ketua DPRD Kota Ambon Ely Toisuta.
Dalam sambutannya, Danrem mengatakan, penanganan wabah covid-19 di Maluku bukan hanya tugas Dinas Kesehatan atau Gugus Tugas Covid-19 saja. Melainkan tugas ini harus disikapi sebagai tugas bersama yang bersifat lintas sektoral.

“Pandemi Covid-19 ini tugas kita bersama untuk memutus penyebaran covid-19 di Maluku. Bukan hanya tugas tenaga kesehatan saja. Karena itu saya juga diharapkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Pakai masker bila keluar rumah, jaga jarak fisik dan sering cuci tangan agar virus ini bisa kita atasi bersama,” pesan Danrem
Ia mengaku, sejak Maret 2020 Korem 151/Binaiya bersama Pemprov Maluku serta kabupaten/kota yang ada sudah bersinergi guna melakukan penanggulangan wabah Corona.

Sinergitas ini, lanjut Arnold, diwujudkan dengan berbagai kegiatan sosialisasi, edukasi dan penanganan korban Covid-19.”Kita sudah kerahkan seluruh Kodim jajaran selama PSBB hingga saat ini untuk menangani covid-19,” ujarnya.

Danrem berharap, dengan webinar yang dilakukan itu, dapat memberi masukan bagi Pemprov Maluku untuk melakukan langkah-langkah penanganan dan pencegahan covid-19. Ia juga berharap, masyarakat Maluku mematuhi protokol kesehatan.

“Dari hasil dari kegiatan ini akan kita disampaikan ke Gugus Tugas Covid-19 Provinsi, BPBD Provinsi Maluku, Kodam XVI Pattimura dan Mabes TNI untuk langkah penanganan selanjutnya,” tutup dia. (SAD).

Comment