by

Warga Diingatkan Ancaman Longsor dan Banjir

Ambon, BKA- Menyikapi kondisi cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini di Kota Ambon dan sekitarnya, warga diingatkan akan ancaman bahaya longsor dan banjir.

“Saya himbau sekaligus mengingatkan masyarakat yang tinggal di lereng-lereng gunung maupun yang tinggal dibantaran sungai tau kali, untuk tetap waspada terhadap ancaman longsor dan banjir,” imbau Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, kepada awak media, Rabu (8/7).

Imbauan Wattimury itu untuk menyikapi pernyataan Gubernur Maluku, Murad Ismail, kalau ancaman yang dihadapi masyarakat saat ini bukan hanya penanganan Covid-19, namun juga soal kondisi cuaca hujan yang terjadi belakangan ini bisa menjadi ancaman.

Untuk itu, masyarakat diingatkan untuk lebih berwaspada selama musim penghujan saat ini. “Kita saat ini janga cuma hanya mencurahkan pikiran terhadap penanganan Covid, dan lupa kalau ada ancaman besar yang ada didepan kita, baik bahaya banjir, longsor dan lainnya,” ujar Wattimury.

Politisi PDIP ini pun meminta agar masyarakat harus bisa lebih waspada terhadap gejala-gejala alam. Selain itu, dia meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku maupun kabupaten/kota agar lebih melakukan pengawasan terhadap daerah atau lokasi yang rawan banjir dan longsor.

DPRD lewat Komisi III juga telah membahas bersama mitra dinas terkait, terhadap langkah apa yang harus diambil. “Kami di Komisi III DPRD juga sudah membicarakan dengan dinas terkait langkah intisipasi akibat dari curah hujan, seperti putusnya beberapa jalan dan jembatan di beberapa titik di Pulau Seram. Sehingga lewat pertemuan Komisi III dengan mitra terkait, masalah yang terjadi sudah diambil langkah-langkah, karena kita tidak bisa membiarkan hal ini terjadi dan merugikan masyarakat,” pungkasnya. (RHM)

Comment