by

Warga Hative Besar Dilatih Kreatif Olah Hasil Panen

Ambon, BKA- Menjadi salah satu kawasan dengan sebagian besar penduduk merupakan petani buah-buahan dan nelayan. Pemerintah Negeri Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon. Berinisiatif, melatih warga untuk mengolah hasil panen, menjadi berbagai makanan produk unggulan yang nilai jualnya lebih tinggi.

Novie Laisatamu, Kepala Pemerintah Negeri hative Besar mengatakan, akan membentuk masyarakat kedalam beberapa kelompok, untuk masuk dalam pelatihan pengolahan hasil panen.

Pasalnya Ia melihat, hasil panen buah-buahan warga Hative Besar, selalu dijual murah bahkan ada yang dibiarkan begitu saja tanpa dijual. Dirinya berinisiatif untuk membuat pelatihan, agar warga bisa lebih kreatif mengolah hasil panen untuk menunjang ekonomi kedepannya.

“Kita melihat hasil panen masyarakat itu kalau melimpahnya, akhirnya jual murah, tanpa bisa mengolah. Hal tersebut yang perlu diperhatikan, apalagi, kalau gandaria, gandaria itu lebih banyak jatuh lebih banyak dibuang, daripada dijual. Pemerintah Negeri Hative Besar, membentuk kelompok dan melakukan pelatihan untuk masyarakat bisa mengolah hasil yg ada untuk menujang ekonomi mereka kedepannya lebih baik lagi lewat pelatihan ini,” kata Novie.

Bukan hanya hasil panen buah-buahan yang akan dibuat berbagai olahan,katanya, melainkan juga hasil laut para nelayan Hative Besar. “Akan dibentuk kelompok dan dilatih untuk mengolah hasil laut ke berbagai bentuk makanan yang nilai jualnya lebih tinggi dan akan dijadikan produk unggulan Negeri Hative Besar. (MG-2)

Comment