by

Warga Hative Kecil Lakukan Aksi Bersih Lingkungan

Cegah Banjir

Ambon, BKA- Memasuki musim penghujan warga Negeri Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, melakukan berbagai upaya pencegahan banjir, salah satunya membersihkan Selokan yang ada dilingkungan setempat. Hal ini disampaikan oleh Anthoni Keppy, selaku Ketua RT 01, RW 02, Negeri Hative Kecil.

Dirinya juga mengatakan , untuk mengatasi masalah banjir yang pernah terjadi sebelumnya, akibat jebolnya kali wairuhu, masyarakat telah melakukan berbagai upaya pencegahan.

“Kita libatkan banyak warga untuk melakukan tanggungjawab bersama, yaitu melakukan pembersihan selokan kemudian juga mempersiapkan untuk bagaimana mengatasi banjir. Namun terdapat kesulitan juga, karena kurangnya kordinasi antara RT setempat untuk mengatasi masalah sampah,” ungkpanya.

Anthony juga menjelaskan, jika Alokasi Dana Desa (ADD), dan Dana Desa (DD), bisa membiyayai penggarukan sedimentasi yang ada di tiap-tiap saluran, maka akan dilakukan penggarukan untuk upaya pencegahan banjir di Negeri Hative Kecil.

“Kalau Alokasi Dana Desa dan Dana Desa bisa membiyayai pengarukan sedimentasi yang ada di tiap saluran, maka kita akan lakukan penggarukan untuk mengatasi masalah banjir. Tapi kalau tidak bisa maka akan tunda tahun 2021 karena 202. Karena saat ini semua masih terfokus untuk penanganan covid kepada masyarakat yang lebih membutuhkan,” jelasnya
Untuk warga yang tinggal disekitaran kali Wairuhu, sambungnya, telah dipasang Radio woki toki, sebagai alat informasi kepada warga. Apabila hujan deras turun tanpa henti dan air kali mulai meluap, warga diberitahukan untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Kita gunakan radio woki toki ini ketika hujan turun tanpa henti, bisa digunakan untuk mengecek kondisi air kali, kalau mulai meluap bertanda akan adanya banjir maKa kita segera langsung infokan kepada seluruh masyarakat agar segera mengungsi,” tuturnya. (MG-2)

Comment