by

Warga Negeri Hative Kecil Lakukan Upaya Cegah Banjir

Ambon, BKA- Musim Penghujan seringkali menjadi pemicu utama terjadinya berbagai bencana Alam, salah satunya bencana banjir. Oleh sebab itu, warga Negeri Hative Kecil, Kecamatan sirimau, Kota Ambon, terus melakukan berbagai upaya untuk mencegah banjir di kawasan tersebut.

Anthony Keppy, Ketua Rt 01, Rw 02 Negeri Hative Kecil menyampaikan, sebelum datangnya musim penghujan warga Negeri Hative Kecil sudah melakukan berbagai upaya langkah-langkah antisipasi pencegahan banjir seperti, pembersihan got, dan mempersiapkan cara mengatasi banjir.

“Kita libatkan banyak orang, banyak warga untuk melakukan tanggungjawab bersama yaitu melakukan pembersihan got kemudian juga mempersiapkan untuk bagaimana mengatasi banjir,” kata Anthony.

Namun terdapat kesulitan juga, sambungnya, karena kurangnya kordinasi antara RT setempat untuk mengatasi masalah sampah dan penanganan saluran drainase yang baik.

Anthony juga menjelaskan, jika Alokasi Dana Desa (ADD), dan Dana Desa (DD), bisa membiayai pengerukan sedimentasi yang ada di tiap-tiap saluran drainase, maka akan dilakukan pengerukan untuk upaya pencegahan banjir di Negeri Hative Kecil.

“Kalau ADD dan DD ini, bisa membiayai pengerukan sedimentasi yang ada di tiap saluran drainase, maka kita akan lakukan pengerukan untuk mengatasi masalah banjir, tapi kalau tidak bisa maka akan tunda tahun 2021 karena 2020 ini ADD dan DD fokus terhadap penanganan covid-19 kepada masyarakat yang lebih membutuhkan,” jelasnya.

Selain itu, Anthony juga menyampaikan, sudah disiapkan 5 Radio walkie-talkie dari tahun 2016 silam untuk berkoordinasi dengan masyarakat jika akan terjadi banjir.

“Kita gunakan radio walkie-talkie ini ketika hujan turun tanpa henti, kemudian kita saling mengecek kondisi dimana kalau kondisi air kali mulai meluap pertanda akan adanya banjir, maka kita segera langsung infokan kepada seluruh masyarakat agar segera mengungsi,” tutupnya. (MG-2)

Comment