by

Warga Negeri Hila Terima BLT DD Tahap Pertama

Ambon, BKA- Sedikitnya 168 Kepala Keluarga (KK) di Negeri Hila, Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) lewat 30 persen alokasi Dana Desa (DD) anggaran tahun 2020 sebesar Rp 1.011.986.000.

BLT tersebut merupakan bantuan bagi warga terdampak Covid-19, sesuai instruki Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), yang menyatakan, DD Tahun Anggaran 2020 dapat digunakan untuk kegiatan pencegahan dan penanganan virus corona atau Covid-19, termasuk dimanfaatkan untuk BLT bagi masyarakat miskin atau kehilangan pekerjaan akibat pandemi virus tersebut.

Penyerahan BLT bagi 168 KK itu berlangsung di Balai Desa Hila, Rabu(3/6), yang diserahkan langsung oleh Pejabat Negeri Hila, Abdul Latif Anjaran, yang disaksikan perwakilan saniri, Babinsa, Bambtimas.

Anjaran mengatakan, penyaluran BLT itu sebesar Rp 600 per KK, dengan rincian, warga dalam Negeri Hila 131 KK, Dusun Tahoku 14 KK, Waitomu 13 KK dan Dusun Mamua 10 KK.

“Bantuan BLT yang disalurkan nantinya untuk tiga bulan. Namun yang baru disalurkan bulan Mei sebagai tahap pertama. Selanjutnya nantinya akan menyusul BLT untuk dua bulan,” jelasnya.

Selain BLT, kata Anjaran, lewat Kementerian Sosial (Kemsos) RI juga akan meluncurkan bantuan yang sama juga akan diberikan kepada warga terdampak Covid-19 lainnya, yang tidak kebagian BLT DD. Bantuan itu berupa Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Yang pastinya ada bantuan-bantuan susulan di luar BLT, dengan istilah BST yang bersumber dari Kemesos RI selama 3 tahap, yang besaran bantaunnya sama dengan BLT sebesar Rp 600 ribu per KK, yang prosesnya pencariannya lewat Kantor POS,” terangnya.

Dijelaskan, proses penyerahan BLT yang diberikan sebelumnya telah dimusyawarahkan sesuai Peraturan Pemerintah Desa (Permendes) Nomor 06 tahun 2020, yang ditindak lanjuti dengan tahapan pengembalan data warga yang dilakukan tim relawan Covid-19 Negeri Hila.

“Kami berharap, bantuan yang diberikan ini dapat meringankan beban warga terdampak Covid-19,” pungkasnya. (RHM)

Comment