by

Warga Waihoka Dihimbau Bayar PBB

Ambon, BKA- Lurah Waihoka, Kecamatan Sirimau, Agus Pattikawa menghimbau warga agar tetap taat dalam membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Diakuinya, adanya pandemi saat ini membuat sebagian warga kehilangan pekerjaan, sehingga memberatkan warga dalam membayar pajak. Namun sebagai perpanjangan tangan pemerintah, kelurahan harus tetap melaksanakan tugasnya.

Ia juga menegaskan bahwa pajak merupakan salah satu pemasukan negara jadi warga harus tetap menjalankan kewajibannya.

“Ditengah pandemi ini memang banyak warga yang kehilangan pekerjaan itu yang memberatkan warga dalam membayar pajak. Namun sebagai pemerintahan dalam hal ini Lurah, kami tetap menghimbau warga agar tetap taat membayar pajak. Pajak itukan merupakan Pajak Asli Daerah (PAD), jadi pemerintah sangat memperhatikan ketaatan pajak demi kemakmuran bersama. Jadi itu merupakan kewajiban warga,” pintanya.

Untuk keringanan bagi warga sejauh ini belum, sambungnya, ada kebijakan dari pemerintah Kota. Pihak kelurahan hanya mengikuti arahan dari pemerintah kota. Ia juga berharap agar ada keringanan dari pemerintah bagi seluruh warga melihat bahwa saat ini sedang adanya pandemi yang mengurangi perekonomian warga. Untuk kelurahan ini sendiri jika ada warga yang belum membayar pajak maka kelurahan akan koordinasi dengan RT setempat agar melakukan pendekatan dengan warga secara langsung.

“Keringanan atau dispensasi belum ada dari pemerintah Kota. Kami hanya mengikuti arahan. Jika ada keringanan sudah pasti kami beritahukan bagi warga kami. Kami kelurahan hanya menyalurkan dan warga bisa membayar lewat dinas pendapatan seperti mekanisme sebelumnya. Terkadang ada warga yang belum bayar dan memiliki tunggakan, untuk itu kami kelurahan akan menghubungi RT setempat agar bisa dibicarakan secara langsung dengan warganya,” tutupnya.
(MG-1)

Comment