by

Wasit NBA Masuk “Gelembung” Minggu Depan

Salah satu bagian penting dari lanjutan NBA adalah wasit. Sama seperti pemain dan ofisial, wasit juga harus melewati proses pemeriksaan kesehatan sebelum masuk “gelembung” NBA. Mereka akan merapat ke Disney World minggu depan, dan segera memimpin laga uji coba, yang dijadwalkan 22 hingga 28 Juli mendatang.

Wasit NBA sudah tidak bertugas sejak 13 Maret lalu. Kini mereka akan kembali memimpin laga-laga seru NBA di Walt Disney World Resort, area terbatas yang sudah ditetapkan sebagai tempat untuk melanjutkan musim kompetisi 2019-2020 hingga selesai. Berbeda dengan pemain yang masuk ke “gelembung” minggu lalu, wasit akan masuk minggu depan.

Sama seperti pemain, mereka harus melewati proses pemeriksaan kesehatan yang ketat. Bahkan saat kedatangan, mereka juga harus dikarantikan lebih dulu. Sebagian besar dari wasit juga tetap tinggal di gelembung hingga final NBA.

“Wasit kami profesional. Mereka akan datang ke “gelembung” NBA dan siap bekerja. Dari sisi mental, kami sudah siap kalau mereka tidak pulang ke rumah dalam waktu tiga bulan,” kata Monty McCutchen selaku wakil presiden NBA dan kepala pengembangan dan pelatihan wasit.

Wasit NBA akan dibagi menjadi dua tempat. Pertama ada di “gelembung” NBA, yaitu wasit yang memimpin jalannya pertandingan. Kedua adalah wasit yang bertugas di NBA Replay Center. Untuk tugas kedua ini, tidak ada di Disney World. Mereka akan ditempatkan di Secaucus, New Jersey.

Sementara itu akan ada perbedaan saat memimpin pertandingan normal dan laga-laga lanjutan NBA di Orlando nanti. Perbedaan besar tentu di suasana. Biasanya arena bising karena penonton, tapi kali ini pasti lebih sepi.

“Tidak ada penonton berarti lebih tenang. Ini aneh untuk sebuah pertandingan basket. Tapi sebagai wasit kami berharap pemain dan pelatih juga tidak mengubah semangatnya saat pertandingan. Para wasit berharap teriakan pelatih dan pemain bisa menghidupkan suasana,” kata Monty, seperti dikutip dari nba.com.

Sebenarnya, wasit NBA juga mendapatkan materi latihan selama hiatus NBA. Mereka juga dikirimi karet untuk pemanasan, tali untuk lompat, hingga bola yoga. Ini dilakukan agar mereka tetap menjaga kebugaran. Tapi mereka ternyata tetap merindukan suasana pertandingan.

“Kami benar-benar merindukan pertandingan,” kata Eric Lewis, wasit veteran NBA. “Berlari-lari di lapangan sembari memperhatikan gerakan pemain lebih menarik daripada jogging di treadmill atau di jalan raya.”

Untuk tetap menjaga ketajaman mereka dalam memimpin pertandingan, ternyata NBA juga rutin mengadakan pertemuan dengan wasit-wasitnya.

Mereka ada tes dan pembelajaran video yang dilakukan selama penundaan liga.

Comment