by

Yermias: Jadikan Ramadhan Sebagai Rahmat

Ambon, BKA- Ketua Komisi III DPRD Maluku, Anos Yermias, mengajak seluruh umat beragama di Maluku untuk lebih saling menghargai di bulan suci Ramadan.

“Mari kita saling menghargai agar pelaksanaan ibadah puasa lebih kondusif dan komunikatif. Artinya penghargaan kita terhadap pengamalan agama itu adalah untuk menghormati saudara-saudara kita, yang sedang menjalankan ajaran agamanya (puasa-red),” kata Anos, Minggu (26/4).

Menurutnya, setiap umat dituntut patuh terhadap pesan-pesan agama maupun regulasi yang diatur oleh bangsa. “Karena itu, harus menjadi komitmen kita bersama untuk menciptakan Ramadhan sebagai rahmat, khususnya bagi umat Islam,” ungkapnya.

Bendahara Partai Golkar ini mengajak seluruh masyarakat untuk saling menghormati dan memupuk rasa persaudaraan selama bulan Ramadhan. “Ramadhan sebagai bulan mulia, tepat sebagai momentum untuk menyucikan jiwa dan menata lisan serta tindakan,” tuturnya.

Bangsa Indonesia memiliki budaya hidup berteloransi yang sangat kuat, sehingga tidak bisa terpisahkan antara satu dengan yang lain, baik itu oleh agama, bahasa dan suku. Sehingga kata toleransi merupakan sesuatu yang harus dihargai dan dihormati, terlebih khsusus di Maluku.

Maluku dengan falsafa hidup “orang basudara” dengan berbagai nilai budaya toleransi “pela-gandong”, harus terus terpupuk. Karena keberagaman, katanya, merupakan kekayaan masyarakat Maluku, yang saling mengharagai antara sesama umat beragama.

“Menghormati itu tindakan yang lebih mulia dibandingkan dengan dihormati. Tentu semua orang sadar, bahwa umat Islam berpuasa di bulan Ramadhan, sehingga perlu ada saling menghormati antara basudara kita umat Islam yang sedang menjalankannya,” pungkasnya. (RHM)

Comment