by

1.209 Nakes di Buru Siap Divaksin

Ambon, BKA- Sebanyak 1.209 tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Buru yang berada di 13 Puskesmas ydan tersebar di 10 Kecamatan serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Namlea, siap divaksinasi Covid-19.

Ini diakui Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru, Nani Rahim, kepada BeritaKota Ambon, Rabu (20/1). Dikatakan, jumlah sebanyak itu terhitung dari tenaga honorer serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Buru.

“Iya semua yang bekerja di instansi kesehatan termasuk sopir, cleaning servica, tukang cuci, tukang masak akan divaksin. Itu tersebar di 13 puskesmas dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Buru dan 1 rumah sakit dan 1.209 orang itu sudah tercatat dalam sistem informasi satu data untuk siap divaksin,” kata Nita.

Ia menjelaskan, sesuai aturan medis, penyuntikan vaksin Covid-19 dilakukan sebanyak dua kali per orang, dengan jangka waktu 14 hari. Sementara kouta vaksin untuk tenaga kesehatan Kabupaten Buru ada 1.209 orang.

“Untuk Nakes saja 1.209 orang, itu untuk satu kali dosis. Kalau dua dosis itu 2.418 itu, untuk dua kali suntikan. Jadi satu orang dapat dua kali suntikan. Jadi kami punya data yang masuk untuk Nakes itu 1209 orang, jadi kalau dua kali suntikan berarti 2418,” ungkapnya.

Ia menambahan, kegiatan vaksin ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan, namun akan ada acara launching yang melibatkan Bupati Buru, Ramly Umasugi dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sebagai orang pertama yang disutikan vaksin di Kabupaten Buru.

“Untuk Nakes dulu pak, tapi sebelum Nakes itu ada launching. Di launching itu kepala daerah dan Forkopimda yang pertama divaksin pada saat launching, setelah launching baru tenaga kesehatan yang 1.209 orang itu,” pungkasnya. (MSR)

Comment