by

1.363 Bumil Ikut Selebrasi Vaksinasi

beritakotaambon.com – Sesuai data Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ambon, sebanyak 1.363 ibu hamil (bumil) yang berpartisipasi mengikuti program selebrasi vaksinasi yang digelar pemerintah kota.

Diketahui, ribuan bumil yang merupakan warga Kota Ambon ini, belum semua melakukan skrining kesehatan. Yang mana, skrining ini akan menentukan apakah mereka bisa menerima vaksin Covid-19 jenis Sinovac atau tidak.

Kepala DPPKB Kota Ambon, Juliana Welhelmina Patty menyebutkan, 1.363 bumil ini tersebar pada lima kecamatan yang ada. Yaitu Kecamatan Nusaniwe 242 orang, Letisel 25 orang, Sirimau 466 orang, Baguala 417 orang dan Teluk Ambon 213 orang.

Baca juga: Taman I Ambon Terpantau CCTV

“Kita tidak tahu di antara ibu hamil ini ada yang punya penyakit bawahan yaitu darah tinggi atau tidak. Jadi belum tau berapa sudah vaksin,” ungkap Juliana, kepada media ini via handphone, Kamis (23/9).

Dijelaskan, untuk jumlah bumil yang dapat mengikuti vaksinasi itu, akan disampaikan pada Sabtu 25 September akhir pekan ini. “Nanti hari Sabtu ya,” tuturnya.

Menurut Juliana, sampai dengan hari ini, pelaksanaan vaksinasi khusus bumil masih berjalan. Maka dari itu, belum dapat membeberkan jumlah keseluruhan bumil yang sudah tervaksinasi.

Kata dia, pihaknya terus mendorong dan berikan sosialisasi kepada para bumil untuk senantiasa mengikuti vaksinasi. Guna meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terpapar Covid-19.

“Kita harus maksimal dalam kegiatan ini, hingga Ibu Hamil bisa vaksin. Kecuali yang punya penyakit bawaan atau tidak bisa vaksin karena alasan lain. Kita berharap yang bisa vaksin, bisa tervaksin,” pintanya.

Baca juga: Ambon New Port dan LIN Terancam Gagal

Dia menambahkan, pihaknya tidak sembarangan melakukan pendataan bumil untuk vaksinasi. “Kita koordinasi secara baik. Jika tidak punya penyakit dan bersedia vaksin, pasti kami akan bersama mereka. Jadi kami tidak paksa Ibu Hamil untuk vaksin,” tukasnya. (IAN)

Comment