by

10 Mobil Dinas Pemkab Bursel Kata Jaksa

Ambon BKA- Sebanyak 10 unit kendaraan dinas roda empat milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru Selatan (Bursel) telah diamankan Kejaksaan Negeri (Kejari) Buru.

Usaha Kejari Buru dalam penyelamatan aset daerah itu, mulai mendapatkan hasil. Dimana 10 dari 46 unit kendaraan dinas itu, sudah berada ada ditangan Kejari Buru. Sementara 36 unit lainnya masih belum diketahui keberadaannya.

Dari 46 kendaraan dinas yang merupakan aset Pemkab Bursel ini, diduga nilai kerugian keuangan negara mencapai Rp 16 miliar selama periode 2009-2016 di Kabupaten Bursel. Kepala Kejari (Kajari) Buru, Muhtadi mengaku, Kejari Buru terus berupaya agar mobil dinas milik pemerintah daerah dapat dikembalikan segera mungkin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bursel, Edison Biloro telah menyerahkan satu unit mobil, sehingga 10 unit mobil pelat merah yang diamankan itu, kini berada di halaman Kantor Kejari Buru.

“Kamis kemarin Kepala Dinas Pendidikan, Kabupaten Buru Selatan, Edison Biloro kembalikan satu mobil dinas. Dan mobil yang dikembalikan itu bermerek Toyota Halux dengan nomor polisi DE 8043 KM,” beber Muhtadi, saat dihubungi koran ini, Jumat (7/5).

Dijelaskan, salah satu kendaraan yang ada dalam laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), bermerek Toyota Halux, ini merupakan kendaraan dinas yang dipakai oleh Kadis Pendidikan.

Selain itu, satu unit dari 10 unit mobil tersebut telah dikembalikan ke Kepala Dinas Pendidikan Buru Selatan. Namun harus menyiapkan surat-surat yang dibutuhkan Kejari Buru Bursel.

“Yang bersangkutan sudah membawa kendaraan. Kemudian menunjukan surat-suratnya, bahwa kendaraan itu memang sah, dan aset itu ada. Lalau Kamis kemarin, juga dibawakan oleh Kadis. Hanya ada beberapa kekurangan administrasi, dan kita akan minta untuk ditertibkan,” terangnya.

Dia menjelaskan, sejauh ini sudah ada sembilan kendaraan yang dikembalikan, dan pihaknya meminta kepada Pemkab Bursel untuk dibuatkan kelengkapan administrasinya.

“Setelah lengkap, administrasinya kita akan kembalikan mobil tersebut. Dan sampai Kamis kemarin, sudah sembilan kendaraan diamankan oleh Kejari Buru. Ada satu dari Kadis Pendidikan Bursel, baru dibawakan tadi. Jadi jumlahnya sudah sepuluh kendaraan yang diamankan,” ungkapnya

Dituturkan, mobil dinas yang diketahui keberadaannya itu, ada dua pada Dinas Pendidikan Bursel. Yang mana satunya lagi dipegang oleh mantan Kepala Dinas Pendidikan.

“Dinas pendidikan ada dua, yang satu itu dipegang oleh mantan Kepala Dinas Pendidikan. Tapi informasi bahwa keberadaan itu sudah dikembalikan ke bagian aset dan kita akan meminta keterangan yang
bersangkutan,” sebutnya.

“Jadi 10 kendaraan yang diberikan itu, berasal dari Sekretariat Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Sekertariat DPRD Kabupaten Buru Selatan dan Kamis kemarin dari Dinas
Pendidikan,” tutup Muhtadi. (MSR)

Comment