by

10 Petugas Kesehatan Bursel Terkomfirmasi Covid-19

Ambon, BKA- Sebanyak 10 petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Buru Selatan (Bursel) terkonfirmasi Covid-19, setelah dilakukan Swab Test oleh Balai Penyuluh Kesehatan Lingkungan (BPKL) Ambon.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bursel, Ibrahim Banda, mengungkapkan, kedatangan petugas BPKL Ambon itu ke Kabupaten Bursel untuk melakukan uji terhadap zona hijau, yang katanya tidak ada Covid-19.

Untuk itu, petugas BPKL Ambon melakukan Swab test terhadap kesehatan dan keluarga mereka, yang dipusatkan di Kantor Dinas Kesehatan Bursel, Puskesmas Namrole dan Puskesmas Oki Baru. Kemudian sampel mereka di bawah ke Kota Ambon.

Prioritas pelaksanaan Swab Test kepada petugas kesehatan dilakukan, terangnya, karena memang selama ini mereka yang melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

Pada Swab Test itu, Banda mengaku, awalnya dia optimis kalau semua anak buahnya aman dari penularan Covid-19. Namun hasil yang diterima sangat mengejutkan pada 26 November lalu.

“Dari hasil uji 52 orang, 10 diantaranya dinyatakan positip Covid-19. 9 diantarnya petugas kesehatan dan satu lainya dari pihak keluarga yang terkonfirmasi positif,” akui Banda, kepada wartawan di Kantor Bupati Bursel, Kamis (3/12).

Dari hasil penulusuran, lanjut Banda, 10 kasus positif itu bermula dari adanya dua petugas kesehatan kabupaten itu yang mengikuti kegiatan di Kota Ambon.

Kembalinya ke Bursel, lanjutnya, kedua petugas kesehatan tersebut menyampaikan tugas dan program yang ada kepada petugas kesehatan lain di kabupaten itu. Dari situlah penularan Covid-19 terjadi, menyebabkan 9 tenaga kesehatan tertular ditambah ditambah satu masyarakat.

“Aktivitas kesembilan petugas kesehatan itu sementara dihentikan, untuk menjalani isolasi. Delapan petugas kesehatan menjalani isolasi di RSUD, sementara satu petugas kesehatan dan satu masyarakat melakukan isolasi mandiri di rumah,” pungkas Banda. (RHM)

Comment