by

100 Kerja, Bupati SBT Target Fungsikan Pasar

Ambon, BKA- Mengejar target 100 hari kerja, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dan Wakil Bupati idris Rumalutur, telah meninjau meninjau pasar rakyat yang ada di Pantai Waigondal, Desa Bula, Kecamatan Bula, Minggu, (2/03).

Kunjungan tersebut dilakukan usai pelaksanaan upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kebudayaan Permuda dan Olahraga (Dikbudpora) SBT.

Kehadiran Bupati dan Wakil Bupati itu, disambut baik Plh Sekretaris Daerah (Sekda) SBT, Jafar Kwairumaratu dan Ketua Komisi C DPRD SBT, Abdulah Kelilauw yang saat itu melakukan pemantaun di lapangan.
Pantau koran ini, sebelum bupati dan wakil bupati meninjau pasar rakyat, Plh Sekda Jafar Kwairumaratu, melakukan pengawalan dan monitoring terhadap Plh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang saat itu bersama Camat Bula, Kepala Pemerintah Negeri Bula, Penjabat Kepala Desa Wailola dan personil TNI serta masyarakat yang sedang melakukan pembersihan di wilayah tersebut.

Plh Sekda SBT Jafar Kwairumaratu mengatakan, dalam menjanwab 100 kerja bupati dan wakil bupati, maka pasar rakyat akan segera difungsikan. Hal tersebut juga sebagai upaya pemulihan ekonomi rakyat.
“Dalam minggu ini, saya sudah melakukan tinjaun selama tiga kali. Hari pertama saya lihat kondisi pasar dan pada hari kedua, saya bersama camat dan kepala desa melakukan pembersihan. Serta di hari ketiga ini, pembersihan pasar langsung disaksikan bupati dan wakil bupati,” kata Jafar.
Dikatakan, jika sudah difungsikan maka semua aktivitas pedagang di pasar lama akan dipindahkan ke pasar rakyat. “Kita bersihkan dulu semua ini, mulai dari rerumputan dan kotoran yang ada di sekitar pasar. Setelah itu kita akan kordinasikan, agar secepatnya pasar rakyat tersebut dapat difungsikan pemerintah daerah. Karena ini juga menjadi misi bupati,” beber dia.
Sementara terkait waktu peresmian pasar itu, lanjut dia, memang belum jelas disampikan ke publik. Hanya saja, pada kunjungan hari pertamanya bersama Kabag Hukum dan Kadis Perhubungan SBT, , ada perbincangan bahwa setelah lebaran Idul Fitri, pasar tersebut sudah harus difungsikan. “Kita harus sampaikan, kalau bisa setelah lebaran Idul Fitri, pasar ini sudah harus difungsikan dengan baik,” sebutnya.

Ia menambahkan, bukan hanya pasar yang menjadi target, tapi terminal yang sudah disediakan Pemda SBT itu juga segera dibersikan dan dapat difungsikan. Sebab menurut Sekda, semua pangkalan liar yang di Kota Bula sudah harus segara ditertibkan.
“Semua pangkalan akan dipusatkan di terminal Bula. Kita akan tertibkan semua dengan baik. Kalau bukan sekarang ini kapan lagi,” kata Sekda penuh semangat.(SOF)

Comment