by

1089 Warga Laha Terima Bansos

Ambon, BKA- 1089 warga Laha menjadi penerima manfaat bantuan sosial (bansos) terdampak covid-19. Bansos yang dibagikan yaitu Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Pemberi Keluarga Harapan (PKH). Sekertaris desa Laha, Fahmi Mewar mengakui bahwa sudah lima bulan berjalan adanya bansos yang diterima warga Laha. Ada juga bansos dari pemerintah pusat yang mekanismenya langsung diterima secara tunai.

“Bansos khusus covid secara keseluruhan yaitu 1089 penerima. Data sementara yaitu BLT Dana Desa 270 penerima , BPNT 304 penerima, PKH 243 penerima. Untuk bansos yang dari pusat seperti BLT, BPNT itu data penerima dan mekanisme semuanya langsung dari pusat. Terakhir kemarin bansos yang diterima sudah memasuki bulan kelima sejak diterima terhitung dari bulan april tahun ini. Bansos berupa uang langsung ditransfer ke rekening penerima,” tutur Fahmi Mewar sekretaris desa Laha.

Fahmi Mewar juga mengakui tidak ada bantuang berupa sembako yang diberikan. Hal ini karena semua bansos yang ada telah ditunaikan bagi setiap penerima. Untuk BLT dari Alokasi Dana Desa masih dalam proses pengajuan data. Data penerima sementara yang telah dikumpulkan yaitu sebanyak 65 penerima. “Kalau untuk BLT dari ADD masih dalam proses pengajuan data. Kemarin ada usulan BLT ADD jadi kembali kami lakukan pendataan dan kembali kami kirimkan,” tambanhnya.

Fahmi juga mengklaim bahwa bansos desa Laha sejauh ini sudah memadai. Dan belum ada komplai dari masyarakat terkait bansos yang telah dibagikan hingga saat ini. ” Alhamdulilah tidak ada komplain sejauh ini dari masyarakat terkait bansos yang ada. Kami pemerintah desa berusaha maksimal agar warga bisa mendapatkan hak mereka. Jadi sejauh ini semua lancar dan memadai,” tutupnya. (MG-1)

Comment