by

110 Lansia di Batu Meja Berhasil Divaksin

Ambon, BKA- Dari total 131 warga lanjut usia yang terdaftar untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 tahap I pada Kelurahan Batu Meja, sebanyak 110 lansia berhasil divaksinasi. Jumlah tersebut untuk penyuntikan vaksin pada tanggal 5-6 Maret, pekan kemarin.

“Untuk hari pertama pada tanggal 5 Maret kemarin, itu jumlah lansia yang terdaftar untuk divaksin sebanyak 58 orang. Namun 38 berhasil divaksin, 19 tunda, dan 1 lansia batal. Dan untuk hari ke dua tanggal 6 Maret, yang terdaftar sebanyak 73 lansia. Yang berhasil divaksin 72 dan yang tunda 1 orang. Jadi total keseluruhan warga lansia yang divaksin sebanyak 110,” ungkap Lurah Batu Meja, Sitty Tuanaya, saat dihubungi koran ini, Sabtu (6/3).

Ia juga menjelaskan, alasan sebagian lansia yang tunda divaksin, karena adanya penyakit bawaan yang perlu dikoordinasi dengan dokter spesialis. Guna dimintai keterangan bisa atau tidaknya divaksin. Termasuk tekanan darah yang tidak normal yang diharuskan bagi lansia untuk tunda divaksinasi.

Menurut dia, vaksin yang diberikan bagi lansia merupakan vaksin jenis Sinovac, yang berfungsi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi resiko terjadinya penularan Covid-19. Dan jika tertular Covid-19, dampaknya tidak sampai berbahaya bagi tubuh.
Tuanaya berharap, pada pemberian vaksinasi tahap ke dua nanti, seluruh lansia baik yang sudah di vaksin maupun yang tunda divaksin, dapat hadir guna menerima vaksinasi tahap dua. Hal tersebut untuk mencegah penularan Covid-19.

“Terkhusus bagi warga yang tunda divaksinasi tahap pertama, kita harap untuk tahap ke dua nanti bisa menerima vaksin ini. Untuk yang harus ke dokter minta keterangan vaksin, secepatnya ke dokter agar bisa terima vaksinasi tahap ke dua nanti,” pintanya.(BKA-2)

Comment