by

12 Mahasiswa Desa Widit Diberi Beasiswa

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes ) Widit, Kecamatan Waelata, mengalokasikan sebagian Dana Desa (DD) untuk program beasiswa.

Ada 12 mahasiswa asal desa tersebut yang akan menerima bantuan beasiswa DD. Mereka saat ini tengah menempuh pendidikan tinggi, pada sejumlah perguruan tinggi di luar Kabupaten Buru.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Widit, Udin Belen, mengatakan, bantuan beasiswa kepada 12 mahasiswa tersebut merupakan bagian dari program pemberdayaan di bidang pendidikan.


“Tahun ini, ada program pemberdayaan di bidang pendidikan. Yakni, beasiswa bagi anak-anak kuliah di luar daerah. Targetnya itu ada 12 orang yang mendapat beasiswa, dengan sumber dana yang menggunakan Dana Desa,” kata Udin, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (30/3).

Beasiswa tersebut akan diberikan dalam bentuk uang tunai. Per mahasiswa akan mendapat beasiswa DD sebesar Rp 1.500.000 per semester.

Untuk proses pencairan, kata dia, akan dilakukan secara bertahap, dengan mengikuti proses semester berjalan selama setahun. Maka selama tahun 2021 ini, akan dilakukan dua kali pencairan.

“Untuk proses penyaluran anggaran itu, kami lakukan secara bertahap. Jadi dalam setahun, itu dua kali pencairan. Nah untuk nominalnya itu 1.500.000 per semester. Jadi kalau satu tahun, mereka akan dapat Rp 3.000.000 per mahasiswa,” ungkapnya.

Menurutnya, program beasiswa tersebut merupakan terobosan dalam upaya membangun desa, melalui Sumber Daya Manusia (SDM) yang berasal dari putra daerah itu sendiri.

“Mereka itu adalah putra daerah. Jadi harapan kedepan, itu mereka yang akan membangun desa ini,” pungkasnya.(MG-1).

Comment