by

122 SD Gelar AKM Daring Dan Luring

Ambon, BKA- Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar (SD) yang di lakukan secara Asemen Kompetensi Minimum (AKM), digelar secara serentak di seluruh Indonesia, Senin (3/5).

Di Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), AKM dilaksanakan di 122 SD secara Daring dan Luring.

Pelaksanaan AKM tersebut ditinjau langsung oleh Bupati KKT Petrus Fatlolon, bersama Wakil Bupati Agustinus Utwali, serta Sekretaris Daerah (Sekda) Ruben Moruolkusu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KKT, Herman Y. Lerebulan, mengatakan, AKM akan menjadi acuan bagi kelulusan siswa, yang dinilai oleh masing-masing sekolah, dengan melihat tiga sisi penilaian. Yakni Literasi, Numerasi dan Karakter.

Penilaian dari sisi Literasi, jelasnya, guru diminta untuk mampu menilai siswa dari sisi baca. Untuk Numerasi, siswa dituntut agar mampu berhitung, serta penilaian terakhir yakni terkait karakter siswa semasa menuntut ilmu di sekolah.

Dari 122 SD yang mengelar AKM, sebagian SD yang berada di Kota Saumlaki menggelar ujian secara Dearing. Sedangkan sejumlah SD yang belum memiliki difasilitasi jaringan internet, menggelar AKM secara Luring.

“Kedepan, kami akan bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Infokom) guna proses pengadaan jaringan internet, minimal sepuluh lokasi di sepuluh kecamatan, sehingga mempermudah sekolah-sekolah dalam menyelenggarakan ujian maupun tes kenaikan kelas dalam bentuk Daring” kata Lerebulan.

Ia berharap, ujian dalam bentuk AKM ini dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan penilaian yang ditetapkan dalam juknis.(BTA)

Comment