by

126 Kasus Stunting di Desa Laha

Ambon, BKA- Sebanyak 126 atau 23,9 persen kasus stunting terkonfirmasi ada di Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon. Data ini diterima dari peta sebaran stunting oleh Dinas Kesehatan Kota Ambon.

Berdasarkan data tersebut, Desa Laha termasuk dalam desa dengan angka stunting yang tinggi. Yang disebabkan karena menurunnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan.

“Laha termasuk dalam desa dengan kasus stunting yang tinggi. Dengan presentase kasus 126 dengan prevelensi 23,9 persen. Ini karena masyarakat belum paham betul pentingnya kesehatan,” terang Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Ambon, Yusda Tuharea, baru-baru ini

Menanggapi hal ini, Pemerintah Desa Laha berencana lebih giat melakukan upaya penanganan stunting. Dimulai dengan memperhatikan kebersihan lingkungan dengan giat lakukan kerja bakti.

“Tentu kami berusaha melakukan berbagai cara untuk menekan angka stunting di Desa Laha. Yang utama kami lakukan yaitu, memastikan lingkungan kami bersih dengan rutin lakukan kerja bakti,” terang Sekertaris Desa Laha, Fahmi Mewar, saat dihubungi Koran ini, Sabtu (1/5).

Selain lingkungan, ibu hamil di Desa Laha juga dihimbau agar rajin ke puskesmas serta menjaga kesehatan. Agar bayi yang dilahirkan bisa sehat dan terpenuhi nustrisi. Himbuan ini, juga diberikan lewat kader posyandu yang ada di Desa Laha.

“Kami lewat kader posyandu selalu berikan himbaun kepada ibu hamil untuk jaga kesehatan dengan rajin makanan bernutrisi serta rajin melakukan pemeriksaan di puskesmas. Ini kami lakukan agar bayi yang dilahirkan bisa sehat nantinya,” tutup Fahmi. (BKA-1)

Comment