by

13 Pejabat Baru Kemenkumham Maluku Dilantik

Ambon, BKA- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka secara resmi melantik 13 Pejabat Administrasi dan Struktural baru lingkup wilayah Maluku, di aula Kanwil Kemenkumham Maluku, Selasa (15/12).

Prosesi pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut dilakukan sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI nomor : M.HH-55.KP.03.04 tahun 2020, nomor : SEK.2-56.KP.03.04 tahun 2020, nomor : SEK.2-636.KP.10.02 tahun 2020, dan nomor : SEK.2-71.KP.03.03 tahun 2020.

Dalam sambutannya, Andi mengatakan, promosi untuk jabatan baru demi kebutuhan suatu organisasi, merupakan suatu hal yang mutlak dan wajar untuk meningkatkan wawasan, kemampuan serta kualitas dan sumber daya manusia dalam mengemban tugas yang telah dipercayakan.

“Pelantikan ini, hendaknya dimaknai terutama dari sudut kepentingan organisasi, bukan sekedar penempatan individu pejabat karena kepentingan tertentu. Di tempat kerja masing-masing, pegawai diharapkan bukan semata-mata untuk kepentingan pegawai, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pengembangan dan pemantapan organisasi dalam upaya meningkatkan kinerja penyelenggara tugas dan tanggung jawab,” pesan Andi.

Dipaparkan, parameter zaman yang digunakan dalam menentukan kehebatan bagi setiap pegawai, yaitu melalui pertimbangan kapasitas, integritas, kualitas moralitas pendidikan, pelatihan, nilai pengabdian serta komitmen dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. “Ini yang sangat penting bagi kita untuk ketahui,” ujar dia.

Ia menilai, selain bekerja displin dan bertanggungjawab, harus tetap menjadi teladan bagi lingkungan kerja, khususnya bagi masyarakat. Karena hal itu yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, khusus lingkup kumham.

Bahwa meskipun pandemi, lanjut Andi, memberikan dampak besar bagi seluruh tugas dan tanggung jawab, para pejabat baru diingatkan agar mampu menyesuaikan diri untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas, lewat penggunaan Informasi dan teknologi.

“Sebuah organisasi dapat terwujud secara optimal, apabila didukung oleh kualitas dan kompetensi sumber daya manusia didalamnya. Setiap pegawai harus sesering mungkin melakukan berbagai perubahan, diantaranya perubahan budaya kerja dan pola pikir, perilaku, serta terbiasa menjalin hubungan dengan senioritas dan harmonis antara sesama. Agar tercipta suasana yang tenang dan santun.

Andi juga berharap, melalui pembagian tugas, para pegawai memiliki pengalaman kerja yang kreatif yang akan menambah perbendaharaan wawasan untuk bekal ketika mendapatkan amanah yang lebih besar. “Ingat juga, harus tetap jaga disiplin bekerja, berpakian dan sebagainya,” pungkasnya.

Sekedar tahu, 13 pejabat baru yang dilantik diantaranya, Adjid Taha sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Madya pada Kanwil Kemenkumham Maluku, Datu Sake, sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Madya Muda pada Kanwil Kemenkumham Maluku, Saiful Mansur, sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Madya Pertama pada Balai Permasyarakatan Kelas II Ambon, Salmon Waer, sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Pertama pada Balai Permasyarakatan Kelas II Ambon.

Kemudian Ronald Jacob Abrahams, sebagai Asisten Kemasyarakatan Mahir Pertama pada Balai Permasyarakatan Kelas II Ambon, Husaini, sebagai Kepala Bidang Pembinaan Bimbingan dan Teknologi Informasi, Muhammad Bayu Handaruseto sebagai Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Masohi, La Idi Buton sebagai Subbidang Pelayanan Tahanan, dan Rehabilitasi pada Kanwil Kemenkumham Maluku, Sonny Semuel Tanikwele, sebagai Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Tata Tertib pada Lapas Kelas IIA Ambon.

Selanjutnya, Pieter Jan Lesy sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan pada Lapas Kelas IIA Ambon, Christy Josef Thenu, sebagai Subbagian Tatausaha pada Lapas Kelas IIA Ambon, Zulkifli Salampessy sebagai Kepala Seksi Pengawasan dan Penegakan Disiplin pada LPKA Kelas II Ambon, dan Muh. Alamsyah Rahman, sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan pada Lapas Kelas IIB Kota Tual. (LAM)

Comment