by

135 Napi Lapas Saumlaki Terima Remisi

beritakotaambon.com – Sebanyak 135 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), mendapat remisi dalam peringatan HUT RI ke 76 tahun. Satu orang diantaranya langsung menghirup udara bebas, Selasa (17/8).

Kepala Lapas (Kalapas), David Lekotempessy, dalam rilisnya kepada media ini menjelaskan, pemberian remisi atau pengurangan masa pidana bagi WBP sesuai Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, nomor 3 tahun 2018 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

“Remisi umum diberikan setiap 17 Agustus pada hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia kepada WBP, yang telah menunjukkan perubahan perilaku serta berkelakuan baik dalam masa pembinaan. Dan telah menjalani pidana lebih dari enam bulan di Lapas,” terang David.

Ia menambahkan, pemberian remisi juga merupakan reintegrasi sosial yang dilakukan pemasyarakatan untuk memberikan kesempatan bagi WBP kembali ke dalam kehidupan bermasyarakat, untuk menebus kesalahan sekaligus kerugian yang telah dilakukan.

Baca juga:
Kim Markus Sumbang Rp2 M Bangun Gereja

“Kali ini pemberian remisi umum dilakukan secara simbolis oleh Bupati KKT, Petrus Fatlolon kepada dua orang perwakilan WBP Lapas Saumlaki, saat upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Kantor Bupati,” terangnya.

Dikatakan, bupati KKT juga mengucapkan selamat bagi narapidana yang mendapatkan remisi umum dan berharap ini menjadi motivasi untuk memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Ia berharap, seluruh WBP yang berkesempatan mendapatkan remisi, dapat mensyukurinya dengan semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

“Ini merupakan apresiasi negara atas pencapaian yang sudah dilakukan oleh WBP selama menjalani pembinaan di Lapas. Saya harap mereka bisa mensyukurinya dengan menjadi pribadi yang lebih baik,” harap David. (BTA)

Comment