by

135 Warga Lamahang Siap Terima BLT

Ambon, BKA- Sebanyak 135 Warga Desa Lamahang, Kecamatan Waplau, siap menerima dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2021.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Lamahang, Usman Tasijawa, mengatakan, jumlah tersebut ditetapkan melalui hasil Musdes khusus bersama BPD, RT/RW, dan para pemangku kepentingan yang tergabung dalam tim relawan Covid-19.

“Kami sudah tetapkan yang menjadi calon penerima BLT DD, melalui Musdes khusus beberapa minggu yang lalu,” kata Usman, Kepada BeritaKota Ambon, Kamis (18/3).


Berdasarkan hasil Musdes khusus tersebut, katanya, Pemdes Lamahang telah menetapkan sebanyak 135 KPM yang akan menerima BLT DD tahun ini, sesuai dengan hasil yang sudah divalidasi oleh tim verifikasi.

Tambahnya, jumlah tersebut berdasarkan hasil data KPM tahun 2020 lalu, kemudian dilakukan validasi kembali karena ada beberapa nama yang sudah mutasi atau pindah penduduk. Sehingga diganti dengan nama lain, sesuai dengan kriteria yang ada.

“Memang kemarin ada penambahan, karena ada yang meninggal, ada yang sudah mutasi atau pindah, jadi kami ganti semua saat penetapan waktu rapat kordinasi khusus kemarin dengan BPD. Jadi kami jumlahnya itu tetap sama sama dengan tahun kemarin, yaitu 135 KPM,” ungkapnya.

Kriteria yang menjadi calon penerima BLT DD tahun 2021, yakni, masyarakat termasuk dalam kategori miskin, dan para orangtua yang berusia lanjut atau lansia.

Saat ini, pihaknya tengah mengatur proses pencairan BLT DD tahap pertama, yang akan diatur sesuai dengan kesepakatan bersama oleh Pemdes Lamahang dan seluruh stakeholder lainnya.

“Untuk kriteria menjadi calon penerima BLT DD itu, kami prioritaskan pada masyarakat miskin dan orangtua atau lansia. Nah sekarang ini kan kita tinggal mengatur proses pencairannya, apakah bertahap atau sekaligus. Nanti kita akan bahas lagi dengan BPD dan pemangku lainnya,” pungkasnya (MG-1).

Comment