by

14 Desa Terima DD Tahap II

AMBON-BKA, Proses pencairan Dana Desa (DD) tahap I untuk seluruh desa/negeri di kota Ambon telah selesai. Sementara untuk DD tahap II, hanya baru diterima 14 desa/negeri yang ada.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Masyarakat Desa (P3AMD) Kota Ambon Meggy Lekatompessy mengaku, pihaknya akan berusaha agar seluruh desa mendapatkan DD tahap II.

“Kalau untuk tahap I, itu semua desa sudah melakukan pencairan. Sedangkan tahap II baru 14 desa yang melakukan pencairan,” beber Meggy, saat dihubungi wartawan, via seluler, Kamis (5/8).

Dijelaskan, 14 desa/negeri tersebut diantaranya Negeri Hukurila, Negeri Rutong, Negeri Leahari, Desa Halong, Desa Nania, Negeri Lama, Desa Latta, Desa Waiheru, Desa Poka, Desa Rumahtiga, Desa Wayame, Desa Laha, Desa Hunuth dan Desa Galala.

Baca: Kelurahan Honipopu Masuk Program Kotaku

“Jadi 14 desa inilah yang sudah dicairkan DD tahap II. Semoga dengan penyaluran DD tersebut bisa membawa desa-desa dan masyarakat di Kota Ambon menjadi lebih baik,” harapnya.

Dijelaskan, berdasarkan aturan yang berlaku dari Pemerintah Pusat lewat Kementrian Desa dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, ada tiga prioritas dalam penggunaan DD. Yakni harus melakukan pemulihan ekonomi secara nasional lewat Bantuan Langsung Tunai (BLT), minimal 8 persen untuk penanganan Covid-19, serta pencegahan stunting.

“Tiga prioritas yaitu pemulihan ekonomi nasional lewat BLT DD, 8 persen DD untuk penanganan Covid-19 dan pencegahan stunting. Kebanyakan pada dua prioritas pertama, setelah itu baru stunting,” terangnya.

Ia menambahkan, pencairan DD tergantung dari desa. Untuk itu desa yang belum melakukan permintaan pencairan DD tahap II, agar secepatnya memasukan laporan agar dapat diproses.

“Kami sangat berharap mereka bisa secepatnya memasukan laporan agar bisa diproses. Apalagi ini sangat dibutuhkan masyarakat. Semua proses pencarian tergantung desa masukan laporan,” pungkasnya. (IAN)

Comment