by

148 Siswa SMA Xaverius Akan Ujian Kelulusan Tertulis

Ambon, BKA- Sebanyak 148 siswa SMA Xaverius Ambon akan mengikuti ujian kelulusan secara tertulis, yang akan dilaksanakan pada 15 Maret secara Daring.

Kepala SMA Xaverius Ambon, Pius Titirloloby, mengatakan, proses pelaksanaan ujian kelulusan itu menggunakan sejumlah aplikasi. Diantaranya, geogle meets, yang akan dipadukan dengan geogle form untuk pembuatan soal, serta Google Mets untuk memasukan link.

Untuk itu, saat pelaksanaan ujian berlangsung, terangnya, kamera setiap peserta ujian harus dalam keadaan aktif, baru ujian bisa dilaksanakan.

“Ya, sudah pasti ada kekurangan dan kelebihan dari aplikasi yang dipakai, terkait pengawasan terhadap proses ujian. Namun itu sudah jadi resiko kita, karena melakukan ujian ditengah situasi seperti ini. Jadi cuman satu saja harapannya, kejujuran siswa dalam bekerja. Kalau siswa tidak jujur, maka seterusnya akan melakukan hal yang sama. Padahal, bukan nilai secara akademik saja yang dinilai, tapi jauh lebih penting dari itu, yakni, karakter serta integritas yang dinilai,” tutur Titirloloby.

Sehingga, lanjut dia, dorongan terhadap siswa, khususnya kepada 148 siswa kelas XII agar belajar dengan maksimal, agar mampu mendapatkan nilai yang memuaskan.

“Saya kira itu satu-satunya cara kita mengantisipasi kecurangan pada saat ujian. Bahwa kalau benar di belajar, pasti tidak berniat untuk melakukan hal-hal yang tidak dinginkan. Sebaliknya juga begitu. Jadi kita selalu dorong mereka terus maksimalkan belajar jelang ujian di tanggal 15 Maret nanti,” tandas Titirloloby. (LAM)

Comment