by

154 Putra MBD Ikut Seleksi Dipmata

Ambon, BKA- Sebanyak 154 orang yang merupakan putra asli daerah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), turut serta dalam seleksi Pendidikan Pertama Tamtama (Dipmata) TNI Angkatan Darat (AD) gelombang satu Tahun 2021 Kodam XVI Pattimura.

Komendan Korem 1511/Pulau Moa, Letkol Inf Wira Muharromah, Senin (08/03) mengatakan, TNI AD saat ini memberikan peluang sebesar-besarnya kepada putra daerah terbaik untuk bergabung sebagai prajurit di Satuan Kodam XVI Pattimura.

Karena itu, lanjutnya, Kodam XVI Pattimura menyelenggarakan seleksi Dipmata di kabupaten/kota agar dapat diseleksi lebih awal, sebelum nantinya mengikuti seleksi Tamtama pada tingkat Korem 151/Binaiya di Ambon.

“Kuota penerimaan untuk wilayah kabupaten sebanyak 30 orang dalam pendidikan Tamtama gelombang satu tahun 2021. Tetapi kita membuka peluang bagi putra daerah untuk mendaftar sebanyak 150 orang,” ungkapnya.

Dikatakan, dari alokasi jumlah tersebut animo masyarakat MBD justru melebihi target yang diharapkan. Dimana jumlah yang mendaftar sebanyak 154 orang, yang berasal dari beberapa kecamatan.

Diantaranya, kecamatan pulau Wetar, pulau Marsela, pulau Romang, pulau Tepa, Babar Timur, Babar Barat, pulau Dai, pualu Leti , pulau Luang, pulau Kisar, dan pulau Moa Kecamatan Daweloor/Dawelar.
Adapun tahapan seleksi yang dilakukan pada jajaran korem terdiri dari tiga bagian yakni, pemeriksaan administrasi, pemeriksaan jasmani dan pemeriksaan kesehatan.

“Dari tiga tahapan tersebut, kita akan memastikan kelengkapan surat-surat dari setiap calon. Kemudian tinggi badan minimal 163 cm, juga standar usia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun dalam masa pendidikan. Dan uji pull up serta kesehatan fisik,” jelasnya.

Dikatakan, pelaksanaan Dipmata ini berlangsung selama tiga hari, sejak tanggal 8-11 Maret 2021. Kemudian dari hasil tersebut, jika memungkinkan untuk mengirim peserta diatas kuota yang telah ditetapkan, maka seluruh peserta yang lolos seleksi tahapan awal akan diberangkat oleh Korem 1511/pulau Moa untuk mengikuti seleksi Catam di tingkat Korem 151/Binaiya. (GEM)

Comment