by

16 Tahun Tanpa Kartu Merah di Barcelona, Sisi Liar Messi Keluar Juga?

Lionel Messi mengukir catatan kurang apik yang menodai musim terakhirnya di klub LaLiga Spanyol, Barcelona.

Pemain berjuluk La pulga tersebut menerima kartu merah saat pertandingan Barcelona vs Athletic Bilbao di ajang Piala Super Spanyol, Senin (18/01/21) dini hari WIB.

Malangnya lagi, Blaugrana harus mengakui keunggulan lawannya dengan skor akhir 3-2. Dramatis, mereka gagal mempertahankan keunggulan 2-1 yang sudah ditorehkan Antoine Griezmann pada menit 40 dan 77.

Jelang menit-menit akhir babak kedua, Athletic Bilbao memaksa Barcelona melakoni perpanjangan waktu setelah Asier Villalibre berhasil menyamakan kedudukan.

Memasuki babak tambahan, Inaki Williams tampil sebagai pembawa mimpi buruk Barcelona dengan golnya pada menit 93. Athletic Bilbao pun membalikkan kedudukan dan akhirnya menang dengan skor akhir 3-2.

Perundungan Barcelona di Piala Super Spanyol kali ini pun semakin menjadi-jadi setelah megabintang mereka, Lionel Messi, diusir keluar oleh wasit pada menit 120 karena dianggap sengaja memukul lawan karena kesal.

Pada menit 118, Messi tertangkap kamera memukul Asier Villalibre ketika pemain Athletic Bilbao tersebut berlari menghalangi lajunya. Wasit pun langsung memeriksa VAR untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi.

Tidak butuh waktu lama bagi pengadil lapangan untuk mengambil keputusan. Sempat menunjukkan kartu merah ke arah Jordi Alba, wasit pada akhirnya mengusir Lionel Messi dari pertandingan.

Tidak banyak memprotes, Messi pun menerima dengan lapang dada dan berjalan ke luar lapangan dengan raut wajah yang kecewa di tengah situasi Barcelona yang pada waktu itu sedang benar-benar terpojok.

Mereka berada di ambang kekalahan dan harus kehilangan bintang besarnya, yang tumben bertindak liar saat pertandingan. Untuk diketahui, ini adalah kartu merah pertama Messi sepanjang sejarah ia membela Barcelona di level profesional.

Selebihnya, pemain sepak bola asal Argentina tersebut diganjar kartu merah saat bermain bersama Timnas, salah satunya ketika debut melawan Hungaria. Itu pun terjadi karena faktor ketidaksengajaan dan mungkin wasit yang salah mengadili.

Bukan Pemain yang Suka Kontroversi

Ada cerita, saat Argentina melawan Hungaria, wasit mengira Lionel Messi berusaha mendorong Vilmos Vanczak yang menarik jerseynya ketika sedang berebut bola. Padahal, La Pulga hanya berusaha melepaskan cengkeraman lawannya itu.

Akan tetapi, Vanczak ternyata malah terjatuh.

Kejadian selanjutnya adalah pertandingan Argentina kontra Chile di Copa America 2019. Pada babak pertama, Messi terlihat beradu fisik dengan Gary Medel usai keduanya sama-sama mengejar bola ke luar lapangan.

Meski berusaha tidak menggunakan kedua tangannya entah untuk memukul atau menempeleng, tetap saja Messi tidak bisa lepas dari kartu merah wasit.

Jika diamati kembali, dua kartu merah Messi di atas tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa ia pemain yang liar di lapangan. Terbawa emosi memang pernah, tapi ganas, kasar, dan liar? Sepertinya tidak.

Bisa dibilang, Messi adalah sosok pemain yang mungkin sangat menghidari kontroversi, apalagi yang bisa merusak nama dan reputasinya. Terbukti, ia belum pernah dikartu merah saat berseragam Barcelona di level senior – setidaknya sampai kemarin.

Akan tetapi, apa yang terjadi di laga Barcelona vs Athletic Bilbao semalam seolah menunjukkan sisi liar seorang Messi yang jarang dilihat orang-orang sepanjang 753 penampilannya untuk Blaugrana di semua kompetisi.

Jelas kartu merah Messi semalam telah menodai perjalanan panjangnya bersama Barcelona yang sebentar lagi akan berakhir. Mau tidak mau, kini ia harus menerima adanya warna merah pada catatan pelanggarannya bersama Blaugrana.

Apakah Lionel Messi yang awalnya bukan pemain neko-neko kini sudah berubah? Bisa jadi iya dan bisa jadi tidak.

Mungkin saja ayah tiga anak tersebut hanya terbawa emosi namun ternyata kali ini ia kurang beruntung. Apalagi jika melihat ekspresinya setelah diusir keluar wasit, ia tidak banyak protes maupun berkomentar.

Ia juga tidak marah-marah atau melakukan hal-hal yang mengindikasikan rasa tidak terima atas keputusan wasit. Ya, Lionel Messi mungkin hanya liar dan ‘khilaf’ sesaat karena frustrasi, namun berimbas pada catatan pelanggarannya di Barcelona yang kini ternoda.

Comment