by

189 PNS Baru Akan Prajabatan

Ambon, BKA- Dalam upaya mengoptimalkan pelayanan di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, sebanyak 189 Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru akan dilakukan diklat prajabatan di tahun 2021 ini.

Kepala Bagian Kepegawaian Sumberdaya Manusia (BKSDM) Kota Ambon, Benny Selanno mengatakan, untuk mendapat surat keputusan (SK) pengangkatan dari 80 persen menjadi 100 persen, maka ratusan PNS baru tersebut harus mengikuti prajabatan.

Dia mengaku, diklat prajabatan sangat penting bagi PNS baru. “Proses itu harus melalui mekanisme prajabatan, agar mereka bisa diangkat jadi Pegawai Negeri Sipil yang punya tanggung jawab dibidang masing-masing,” terang Benny kepada wartawan, Rabu (5/5).

Dikatakan, Pemkot akan terus berupaya agar dalam tahun ini, 189 PNS baru itu bisa ikut prajabatan. “Mereka sudah beraktivitas di lingkup Pemkot. Namun mereka harus juga mengikuti diklat prajabatan. Karena itu penting,” imbuhnya.

Disinggung kenapa tidak dilakukan diklat prajabatan di tahun 2020 kemarin, Benny menilai, hal itu karena pandemi Covid-19. Sehingga akan dilakukan dalam tahun ini, dengan mengedepankan protokol kesehatan.
“Kita tidak bisa melakukan pada tahun kemarin, karena Covid-19. Bahkan waktu itu, Balai Diklat juga dipakai sebagai rumah sakit. Jadi memang belum sempat dilaksanakan prajabatan. Kami pasti upayakan tahun ini,” terangnya.
Dia menambahkan, hasil yang akan keluar dalam tahun 2021 sesuai diklat prajabatan. Semua keputusannya akan disesuaikan dengan hasil keputusan dari Balai Diklat sendiri. “Semua hasil tergantung diklat di Provinsi,” pungkasnya. (IAN)

Comment