by

20 Guru Ikut Bimtek Musik

AMBON-BKA, Sebanyak 20 guru di Kota Ambon telah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan Pemerintah Kota dan Ambon Musik Office (AMO) sejak 12-13 Agustus 2021 kemarin.

Sebelumnya, puluhan Guru tersebut sudah mengikuti seleksi kurikulum muatan lokal berbasis musik di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada Juli 2021 lalu.

“Kami telah melakukan seleksi dan tersaring 20 guru, yang tahap awal akan mengajar di 10 sekolah yang menjadi titik 10 destinasi tujuan wisata,” tutur Direktur AMO, Ronny Loppies, kepada wartawan, Jumat (13/8).

Diakuinya, dalam penyelenggara Bimtek kemarin, pihaknya melibatkan tenaga pengajar dari sisi musik. “Ada tiga musisi yang mengajar dari taman budaya dan dari AMO,” bebernya.

Menurut dia, untuk mempertahankan ekosistem musik pada sebuah Kota Musik Dunia, dalam kaitan lima pilar penting yang dibangun AMO, salah satunya adalah pendidikan musik. Untuk itu, Pemkot Ambon lewat Dinas Pendidikan bersama AMO, bersama-sama menggelar Bimtek tersebu, yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan musik kepada warga.

Ronny menjelaskan, alat musik yang ditetapkan dalam kurikulum muatan lokal untuk kelas 1-3 yakni Tifa dan Suling Bamboo. Sementara kelas 4-6, alat musik Ukulele dan Totobuang, dan kelas 7-9 Totobuang dan Hawaiaan.

“Alat musik yang akan dipelajari, disesuaikan potensi kebutuhan daerah, potensi SDM (Sumber Daya Manusia) dan lokasi geografis. Harap yang kita lakukan akan mendapatkan hasil yang baik ,” imbuhnya.

Sekedar tahu, 10 destinasi unggulan di lima kecamatan di Kota Ambon, yaitu musik bambu di Dusun Tuni, Amahusu Amboina Ukulele Kids Community, Sanggar Seni Wairanang, alat musik Tifa di Soya dan komunitas musik di Less Mollucans. (IAN)

Comment