by

2021, DLHP Perbanyak Kampung Iklim

Ambon, BKA- Tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon akan lebih memperbanyak program terkait kampung iklim di Kota Ambon. Program ini akan lebih diperbanyak dari tahun sebelumnya.
Kepala DLHP Kota Ambon, Lucia Izaak menilai, pihaknya akan berupaya sebaik mungkin untuk memperbanyak kampung iklim di Kota bertajuk Manise ini.

Kata dia, Kota Ambon ditahun 2020 kemarin, hanya memiliki satu kampung iklim. Untuk itu, pihaknya akan tetap berupaya menambah kampung iklim di tahun ini. Sehingga, masyarakat cepat dan sigap dalam menghadapi perubahan iklim.
“Kami di 2021 akan tingkatkan munculnya kampung-kampung iklim,” sebut Luzia, kepada wartawan, Minggu (17/1).

Lanjut dia, untuk merealisasikan progam kampung iklim dimaksud, pihaknya akan menyiapkan kampung iklim pada lima kecamatan yang ada di Kota Ambon. Yakni Kecamatan Sirimau, Nusaniwe, Teluk Ambon, Baguala, dan Leitimur Selatan (Leitisel).

“Nah, di 2021 rencananya kami menyiapkan ada sekitar 16 lokasi dan masih dirahasiakan. Tapi targetnya ada 16 kampung, yang pasti ada di lima kecamatan,” bebernya.

Dia menjelaskan, program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) terkait kampung iklim ini, sempat diikuti oleh Kelurahan Ahusen yang mewakili Maluku, dan kemudian meraih juara pertama.

Selain Kelurahan Ahusen, tambah dia, ada dua Desa lainnya yang harusnya mengikuti kegiatan dimaksud. Namun, mengingat pertimbangan Covid-19 yang melanda Maluku khususnya Kota Ambon, maka dua desa tersebut mengundurkan diri dan tidak diikutsertakan dalam program tersebut.

“Kalau kemarin itu, kami punya kampung iklim yang muncul hanya satu. Walaupun sebenarnya tiga ya, dua tu sempat mundur karena kondisi pandemi,” tandasnya.
Diharapkan, tahun 2021 akan lebih banyak lagi kampung-kampung iklim. Dengan begitu, akan berdampak baik bagi kota Ambon di masa mendatang. (IAN)

Comment