by

2021, Jalan Gadihu Dikerjakan Total

Ambon, BKA- Setelah warga melakukan aksi protes terhadap Pemerintah Kota Ambon, kondisi jalan Gadihu Indah yang belasan tahun rusak parah langsung diperbaiki. Perbaikan jalan tersebut hanya dikerjakan sebagian, sebab nantinya akan dikerjakan secara total pada tahun 2021 mendatang.

Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono, kepada wartawan mengaku, anggaran untuk perbaikan kerusakan jalan Gadihu Indah, desa Batumerah, kecamatan Sirimau telah dianggarkan di tahun ini. Hanya saja, akibat pandemi Covid-19, seluruh anggaran pembangunan infrastruktur mengalami refocusing untuk penanganan wabah tersebut.

Dan sesuai koordinasi yang dilakukan DPRD Kota Ambon, perbaikan tersebut telah didorong untuk harus dikerjakan di tahun anggaran 2021 melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Setelah koordinasi dengan PUPR, maka sudah dilakukan perbaikan sementara. Jadi yang rusak itu sudah ditutupi sementara, agar masyarakat tidak lagi kesulitan melintasi jalan Gadihu. Tapi nanti di tahun 2021 itu diusulkan lewat DAK sebesar 2 miliar lebih. Itu untuk penyelesaian jalan Gadihu secara total, dari atas sampai bawah yang berlubang itu,” terang Latupono, di gedung DPRD Kota Ambon, Jumat (6/11).

Sekretaris DPC Gerindra Kota Ambon ini menilai, dengan perbaikan jalan sementara cukup membantu masyarakat, khususnya para pengendara yang melintasi jalan tersebut. Sebab, sudah puluhan pengendara yang mengalami kecelakaan ketika jalan tersebut belum diperbaiki seperti saat ini.

Dan pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap perbaikan jalan tersebut, sehingga di tahun 2021 nanti, jalan Gadihu Indah bisa diperbaiki secara menyeluruh. Sebab, jika dianggarkan melalui DAK 2021, maka tentu ada tahapan-tahapan yang perlu dilalui. Bahkan untuk jadwal DAK harus ditentukan oleh Kementerian PUPR.

“Tadi (kemarin) saya sudah mengecek langsung kondisi jalan di sana. Dan memang baru diperbaiki sementara. Artinya sebagian besar kerusakan-kerusakan itu sudah sudah diaspal sementara. Tinggal beberapa yang belu. Tapi aktivitas masyarakat sudah mulai lancar. Intinya kita akan tetap mengawal perbaikan jalan Gadihu ini, karena DAK itu ada tahap-tahapnya. Tapi kita tetap dorong lewat komisi,” pungkas Anggota DPRD tiga periode ini. (UPE)

Comment