by

2021 Kelurahan Wainitu Berdayakan SDM

Ambon, BKA- Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe akan berdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) lewat program yang disusun untuk tahun 2021.

Hal ini diakui oleh Marvin Nikujuluw lurah Wainitu. Salah satu program yang sudah direncanakan yaitu dengan memperkuat potensi manusia yang ada. Salah satunya yaitu kembangkan pengetahuan warga untuk dapat melakukan hidroponik. Tujuannya agar warga bisa mendapat pemasukan sehari-hari.

“Program prioritas kita tahun 2021 yaitu pembangunan sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat. Tahun depan kami akan berdayakan warga lewat hidroponik, seperti tanaman toga yang ada di kampung lestari kami di Talake. Disitu dasa wismanya memang aktif jadi kami kelurahan terus melakukan dorongan agar mereka bisa lebih maju lagi. Kami juga lakukan ini agar menjadi contoh dan dorongan bagu dasa wisma di RT yang lain,” pungkas Marvin Nikijuluw lurah Wainitu.

Nikijuluw juga menambahkan anggaran yang ada memang untuk mendorong masyarakat menjadi mandiri. “Memang anggaran itu untuk mendorong ekonomi warga agar lebih mandiri. Pemerintah melakukan ini agar warga belajar cara menghasilkan pemasukan bagi hidup sehari-hari mereka. Apalagi adanya pandemi seperti ini otomatis banyak mata pencaharian warga yang terdampak,” tambahnya.

Selain hidroponik akan ada program pemberdayaan Nusaniwe Club Diving yang ada di kelurahan ini. Club diving ini akan difasilitasi agar bisa menjaga dan merawat kawasan pantai kelurahan Wainitu dari sampah dan perusakan biota laut.

“Selain itu saya juga pernah melakukan perbincangan dengan Nusaniwe Club Diving yang ada di Talake. Kami berencana mengajak mereka bekerja sama dalam menata dan menjaga kawasan pantai Wainitu. Terutama dari sampah yang memang masyarakat belum sadar. Dan juga menjaga biota laut dari penangkapan ikan yang merusak biota laut,” tutup Nikijuluw. (MG-1)

Comment