by

2021 Laha Jalankan Program Pembangunan

Ambon, BKA- Pemerintah desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon akan menjalankan agenda kegiatan yang sempat tertunda akibat penanganan Covid-19. Diakui oleh sekertaris desa Laha bahwa untuk tahun ini sebagian anggaran dari Dana Desa dialokasikan hanya untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), PTKD, dan Penanganan Covid seperti pengadaan masker dan lain sebagainya.

“Jadi untuk tahun ini masa transisi yang begitu besar artinya Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa mengalami perubahan yang sangat signifikan. Hal itu dikarenakan dua sumber dana itu mengalami pemotongan dan itu berlaku untuk seluruh Indonesia termasuk desa Laha. Berdasarkan perintah dari pemerintah pusat untuk semua anggaran mengalami penyerapan sebesar 60 persen. Untuk itu pembangunan infrastruktur dalam APBD mengalami pergeseran,” Pungkas Sekertaris Desa Laha Fahmi Mewar.

Mewar juga menjelaskan untuk apa saja penyerapan dana tahun ini. ” semua kegiatan yang direncanakan berjalan harus dialih untuk penanganan Covid-19. Kegiatan yang harus diakomodir yaitu ada tiga. Satu untuk BLT bagi warga. Dua untuk penanganan Covid seperti pengadaan masker maupun sarana prasana pencegahan penyebaran. Dan yang ketiga untuk PTKD. Memang ada kegiatan yang masih bisa dijalankan seperti kemarin pembersihan pantai dan pengangkatan sendimen. Selain itu juga ada kegiatan pemberantasan stanting karena sudah merupakan isu nasional jadi perlu diperhatikan,” tambah Fahmi Mewar.

Mewar mengakui untuk 2021 nanti sudah ada agenda agar semua kegiatan tertunda bisa kembali dijalankan. “Untuk 2021 kami sudah buat perencanaan pembangunan salah satunya infrastruktur, sarana dan prasarana juga. Jadi memang sudah ada rencana bahwa semua kegiatan yang tertuda akan kembali diagkat di tahun depan. Itu semua merupakan acuan agar 2021 nanti bisa dijalankan lagi,” tutupnya. (MG-1)

Comment