by

2021, Laha Perhatikan Lingkungan Hidup

Ambon, BKA- Desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon, akan fokus memperhatikan lingkungan hidup di tahun 2021 nanti. Masalah utama yang akan diperhatikan yaitu mengenai sampah. Diakui pemerintah desa Laha sudah banyak upaya penanganan sampah yang dilakukan salah satunya dengan membuat bank sampah. Didesa Laha sendiri ada dua bank sampah yang dikhususkan untuk mengolah sampah warga desa Laha. Selain bank sampah ada juga tim pemerhati sampah yang terdiri dari sembilan orang.

“Jadi 2021 nanti sudah diprogramkan untuk lebih fokus pada masalah sampah di desa kami. Banyak upaya sudah dilakukan pemerintah dalam menangani masalah sampah. Salah satunya dengan mendirikan bank sampah yang memang sudah ada dua di desa kami. Ada juga tim yang dibentuk khusus untuk memperhatikan permasalahan sampah dan tim ini terdiri dari sembilan orang, ” tutur Fahmi Mewar Sekertaris Desa Laha.

Mewar juga menambahkan, tidak semua sampah merupakan sampah milik desa Laha. Seperti sampah pesisir pantai yang merupakan sampah kiriman dari berbagai wilayah yang ada. Untuk kedepannya Laha akan mendaur ulang sampah menjadi barang jadi. ” Jadi tidak semua sampah milik warga Laha, kebanyakan sampah kiriman dari berbagai wilayah karena kita itu berada di pesisir pantai. Kami berencana sampah akan kami daur ulang menjadi yang bisa digunakan lagi. Kalau sampah itu yang tidak bisa dihancurkan kami daur ulang,” tambahnya.

Selain sampah pemerintah Laha juga menggalangkan penghijauan dengan menanam pohon. Bersama dengan dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan, Tim penggerak PKK kota Ambon, Camat Teluk Ambon dan bunda PAUD desa Laha melakukan penanaman pohon di beberapa titik. Penanaman pohon dilakukan dalam upaya menjaga desa Laha agar tetap hijau dan mengurangi polusi udara.

” Tadi itu kegiatan World Club Daying yang digelar oleh dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan dan tim penggerak PKK kota Ambon. Selain itu juga kegiatan ini turut mengundang camat Teluk Ambon dan bunda PAUD desa Laha. Kegiatan ini lebih terfokus pada masalah lingkungan hidup dan sampah di desa dalam rangka mendukung desa iklim nantinya. Dalam kegiatan ini juga kami menanam sejumlah anakan pohon di beberapa titik di desa Laha, ” tutup Fahmi. (MG-1)

Comment