by

2021 Nania Fokus Pemberdayaan Masyarakat

Ambon, BKA- Desa Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon akan fokus kepada pemberdayaan masyarakat di tahun 2021 nanti. Hal ini dilakukan karena pemerintah desa menyadari ekonomi warga menurun akibat adanya pandemi Covid-19. Warga sebagian kehilangan mata pencaharian karena adanya pandemi. Sherill Akyuwen pejabat desa Nanisa mengakui bahwa ada anggaran desa untuk membantu perekonomian warga yang kurang mampu. Selain pemberdayaan, mereka juga akan memperhatikan pembangunan seperti pengadaan air bersih.

“Untuk tahun 2021 memang sudah ada program yang ingin kami jalankan, namun semua tergantung dari berakhirnya pandemi ini. Pemberdayaan misalnya yang akan kami benahi. Pasalnya ekonomi warga itu sangat berdampak akibat adanya pandemi. Ada warga yang kehilangan pekerjaan akibat PSBB yang diberlakukan. Untuk itu kami akan lebih fokus pemberdayaan untuk pemulihan ekonomi warga. Selain itu dibagian fisik dan pembangunan mungkin cuman pengadaan air bersih dibeberapa titik,” pungkas Sheril Akyuwen pejabat desa Nania.

Akyuwen juga menambahkan bahwa pemberdayaan masyarakat berupa pemberian modal usaha bagi masyarakatnya. Rata-rata warga Nania bermata pencaharian seperti nelayan, petani dan pedagang sehingga bisa diberikan modal untuk buka usaha. Kebanyakan usaha yang dijalankan warga seperti penjual sayur, makanan jadi dan kue-kue. Menyadari dari segi pembangunan Nania masih baik membuat pemerintah desa akan terfokus untuk kembali meningkatkan ekonomi warganya. Akyuwen juga mengakui bahwa jika anggaran untuk membantu warga sudah merupakan hak warga yang memang ada dalam anggaran setiap desa.

“Mungkin bantuan-bantuan untuk membuka usaha. Disini banyak warga yang berjualan untuk pekerjaan mereka. Misalnya berjualan ikan, sayur, makanan jadi, dan kue-kue. Untuk fisik dan pembangunan belum ada banyak laporan, karena yang saya lihat Nania dari segi pembangunan infrastruktur masih sangat baik. Saya juga berpikir bahwa bukan saja Desa Nania tapi juga desa lainnya mempunyai anggran yang diperuntukan untuk kesejahteraan warga. Jika ada yah kita berikan saja kepada warga karena memang itu adalah hak mereka. Jadi untuk tahun depan mungkin itu yang sudah kami rencanakan,” tutupnya. (MG-1)

Comment