by

2021, Semua Desa Terakses Internet

Ambon, BKA- Kepala Dinas Kominfo dan Persanduian Kota Ambon, Joy Adrianz memastikan, tahun 2021 mendatang, seluruh desa/negeri di kota bertajuk Manise ini, dapat mengakses internet. Pasalnya, dalam waktu dekat PT Telkom akan memasang fiber optik di seluruh desa.

Menurut Joy, setelah PT Telkom memasang fiber optik, pihaknya akan langsung memasang jaringan WI-FI gratis di 300 titik yang ada di Kota Ambon. Dimana sejak dilakukan koordinasi, pihak Telkom yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini hanya mampu memasang fiber optik di 100 titik di tahun ini. Dan untuk 200 titik lainnya akan dilanjutkan di tahun depan.

“Setelah koordinasi dengan Telkom, Telkom hanya mampu ditahun ini memasang 100 titik. Maka kita berharap tiap desa atau negeri, kelurahan itu dalam tahun ini sudah punya tambahan lagi dua titik smart RT/RW untuk WiFi station gratis bagi masyarakat,” pintanya, kepada wartawan, Senin (30/11).

Kata dia, 19 titik sebelumnya sudah di realisasi jaringan Wi-Fi gratis. Sehingga dipastikan tahun ini, 119 titik akan diusahakan terakses jaringan internet.

“Jika demikian maka tahun ini kita punya 119 WiFi station gratis untuk masyarakat. Setelah sebelumnya sudah ada 19, 15 dari Telkom dan 4 dari Lintasarta. Harusnya 300, hanya Telkom mampu 100 tahun ini. Tambahan 200 WiFi station tahun depan, jadi total 319 titik WiFi station,” sebutnya.

Sebelumnya, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menegaskan, salah satu aspek yang bisa melemahkan masyarakat antara lain faktor kemiskinan, keterbatasan akses informasi. Sehingga ditahun 2021, seluruh desa/negeri di Ambon sudah bisa mengakses internet terutama dibeberapa desa atau negeri di Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel). (BKA-1)

Comment