by

2022, Dukcapil Targetkan Semua Penduduk Ber-KTP

Ambon, BKA- Di tahun 2022 mendatang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon targetkan seluruh penduduk kota Ambon memiliki Kartu Tanda Pengenal elektronik (e-KTP). Pasalnya di tahun 2022, Kota Ambon akan diperhadapkan dengan pemilihan walikota dan wakil walikota.

“Kita punya keinginan di tahun 2022, pemilihan semua penduduk Kota Ambon sudah punya KTP untuk pemilihan walikota),” ungkap Kepala Disdukcapil kota Ambon, Marsela Haurissa, kepada wartawan, Kamis (19/11).
Dijelaskan, saat ini masih banyak kota Ambon yang belum mengantongi KTP elektronik. Apalagi, pelayanan Disdukcapil sedikit terkendala dengan merebaknya pandemi Covid-19.

“Karena kita tahu, bahwa memang masih banyak penduduk Kota Ambon yang belum perekaman. Untuk itu, kita kejar ini untuk perekaman,” bebernya.

Menurut dia, sebelumnya pasca wabah Corona masuk di Kota Ambon, Disdukcapil tidak melayani pembuatan KTP. Karena takut penularan Covid-19 meningkat. Tapi saat ini, pelayanan sudah berjalan kembali.
“Jadi selama itu memang pengurusan KTP tidak ada. Kita tindaklanjuti dengan pemberian surat keterangan tentang belum perekaman,” sebut dia.

Dikatakan, Disdukcapil mulai bergerak ke desa yang ada di Kota Ambon, guna melakukan perekaman kepada warga. Bahkan pihaknya akan mulai bergerak ke desa Laha, Kecamatan Teluk Ambon.
“Laha ini sudah dua kali. Nanti habis ini, kita masuk ke Waiheru. Yang penduduknya banyak Waiheru, mungkin Poka. Terus kita sisir Teluk Ambon. Selesai itu masuk Baguala, Nusaniwe, baru Sirimau. Karena kecamatan leitisel tidak ada masalah,” beber Haurissa.

Sementara untuk Kecamatan Sirimau, lanjut dia, merupakan kecamatan yang paling banyak penduduknya, termasuk dengan Nusaniwe. Sehingga sengaja direncanakan paling terakhir. (BKA-1)

Comment