by

2022, Traffict Light Gunakan Sistim ATCS-ITS

AMBON-BKA, Pemerintah Pusat (Pempus) telah menjanjikan akan membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk memasang Area Traffic Control System dan Intelligence Traffic System (ATCS-ITS) pada semua traffic light atau lampu lalu-lintas di kota bertajuk Manise ini.

“Janji Kementerian tahun anggaran 2022 nanti traffic light sudah memakai sistim ATCS dan ITS,” terang Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon, Robby Sapulette kepada Koran ini, Kamis (5/8).

Menurut Robby, dua sistem tersebut sangat canggih. Sebab bisa mengatur waktu sinyal di persimpangan secara responsif dan terkoordinasi. Bahkan menyediakan rekaman data lalu lintas, jika ada kecelakaan.

Baca juga:
Pemkot Beri Sanggahan ke Panssel CPNS

Selain itu, dari dua sistem itu mempunyai tujuan dasar. Yakni membuat sistem transportasi yang dapat membantu pemakai transportasi dan pengguna transportasi untuk mendapatkan informasi.Juga bisa mempermudah transaksi, meningkatkan kapasitas prasarana dan sarana transportasi, dan mengurangi kemacetan atau antrian yang kerap terjadi di kota Ambon.

“ITS ini agak mahal. Dan itu yang paling canggih dari ATCS. Karena kita mohon bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Kami masih menunggu itu,” sebutnya.

Meski pemasangan ini masih lama, Robby mengaku, pihaknya akan selalu mengontrol traffic light yang ada saat ini. “Sambil menunggu kita tetap lakukan pemeliharaan terhadap traffic light yang ada,” ujarnya.

Dijelaskan, ganguan yang sering terjadi pada traffic light di Kota Ambon, lantaran curah hujan dan disambar petir. “Semua karena curah hujan dan disertai petir membuat traffic light ganguan,” ucap dia.

Untuk mengatasi masalah ini, pihaknya sementara menyiapkan anggaran untuk membeli dan memasang alat penangkal hujan dan petir di seluruh traffic light di Kota Ambon.

“Sementara menganggarkan untuk kita bagaimana memasang penangkal petir pada traffic light yang ada. Sehingga traffic light bisa bekerja secara maksimal dalam segala kondisi, baik hujan maupun panas,” tutupnya. (IAN)

Comment