by

25 Santri Wisuda Khatmil Quran

Ambon, BKA- Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Suci Amalia di Desa Jamilu, Kecamatan Namlea, menggelar wisuda angkatan 1 tahun 2021 bagi 25 santri, Senin (11/1).

Wisuda yang digelar dengan tema “Dengan Quran kita lahirkan generasi qurani yang berakhlakulkharima” itu turut dihadiri Sekretaris Desa (Sekdes) Jamilu La Ode Siama, Camat Namlea Latif Effendi dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Namlea bersama staf.

Sekdes Jamilu, La Ode Siama, mengucapkan selamat dan bangga kepada 25 santri yang diwisuda tersebut.

Sebenarnya, ungkap La Ode, jumlah santri yang diwisuda berjumlah 24 orang. Namun jumlah itu ditambah, karena guru mengaji TPQ tersebut juga ikut diwisuda. Sehingga jumlah seluruhnya 25 orang yang dikukuhkan pada wisuda TPQ tersebut.


“Guru mengajinya itu sudah khatmil tahun lalu, namun tidak mengikuti proses pengukuhan. Jadi dia baru ikut tahun ini,” terang La Ode, kepada BeritaKota Ambon, Kamis (14/1).

Ia menambahkan, pelaksanaan khatmil Quran anggarannya dari orangtua santri. Desa hanya mengalokasikan dana untuk insentif tenaga pengajar TPQ, yang bersumber dari Alokasi Dana Desa atau ADD.

“Kalau untuk kegiatan itu dari orangtua santri yang khatmil. Tapi kalau untuk honor atau insentif pengasuh TPQ, itu dari desa yang diambil dari ADD. Kalau di Desa Jamilu itu kan ada TPQ yang punya izin operasional dari desa, maka kami hanya kasih (insentif) ke ketiga TPQ itu, salah satunya TPQ Suci Amalia,” bebernya.

Untuk itu, dia mengapresiasi TPQ Suci Amalia, karena diawal tahun ini mampu melahirkan generasi muda, yang diharapkan mampu membawa perubahan bagi Desa Jamilu.

Dia berpesan kepada santri yang telah khatmil, agar tidak berhenti belajar. Karena usia mereka masih muda. “Buat yang khatmil, agar khatmil tidak menjadi proses akhir dari mereka punya proses, karena proses masih panjang. Apalagi rata-rata yang khatmil kemarin itu rentan usianya SMP sampai SD kelas enam. Sementara buat pengasuh TPQ, untuk senantiasa berkontribusi bagi desa, terutama dalam hal pembelajaran keterampilan membaca Al-Quran,” pungkas La Ode. (MSR)

Comment