by

263 Perkara Pidum Tuntas Ditangan Rorogo Zega

AMBON-BKA, Terhitung satu tahun mengabdi sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku, Rorogo Zega berhasil menuntaskan 263 perkara di bidang pidana umum (pidum) yang terjadi di wilayah hukum Provinsi Maluku.

263 perkara pidum tersebut dibagi menjadi beberapa perkara, yakni, perkara narkoba, keamanan negara, dan tindak kejahatan lainnya.

“Ada beberapa perkara pidum yang kita totalkan menjadi 263 kasus. Misalnya, narkoba, keamanan negara, penganiayaan dan tindak kejahatan lainnya. Perkara ini kita sudah tangani dengan baik dan tuntas. Karena sebagian besar sudah selesai disidangkan,” ungkap Rorogo Zega, usai mengikuti upacara HUT Hari Bhakti Adhyaksa, di Aula Kantor Kejati Maluku, Kamis (22/7).

Rorogo Zega yang akan dipindah tugaskan ke Kejaksaan Agung ini mengatakan, perkara pidum di Maluku memang mengalami kenaikan secara fantastis, dibandingkan perkara korupsi. Sebab jika dicover secara keseluruhan, maka jumlah perkara pidum yang ditangani Kejari dan Kacabjari se-Maluku, sebanyak 1356 perkara.

“Dan perkara pidum ini persidangannya dilaksanakan secara online,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, dalam setahun ini, kinerja Bagian Intelijen Kejati Maluku juga mengalami prestasi, dengan berhasil menangkap 10 buronan.

“Jadi untuk bagian Intelijen sudah 10 buron ditangkap. Semua ini atas kerjasama pak Asintel Muji Martopo dan kawan-kawan,” jelasnya.

Dia berharap, pergantian Kajati Maluku membuat kinerja Kejati Maluku semakin baik dalam memberantas perkara-perkara yang bertentangan dengan undang-undang.

“Semoga Kejati Maluku dengan adanya pimpinan baru, semakin bersemangat dan sukses ke depan,” tandas Kajati.(SAD).

Comment