by

269 KK Desa Waai Terima BLT 5 Bulan

beritakotaambon.com – Sebanyak 269 Kepala Keluarga (KK) warga Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk lima bulan di tahun ini. Yakni untuk bulan April, Mei, Juni, Juli dan Agustus.

Bantuan yang bersumber dari Dana Desa (DD) ini, diberikan langsung oleh Kepala Pemerintah Desa Waai, Derek Bakarbessy, di aula Kantor Desa Waai, Selasa (17/8).

Jumlah bantuan yang diterima setiap keluarga ini, berjumlah Rp 1.500.000. DImana BLT per bulan sebesar Rp 300.000

Saat memberikan arahan, Kepala Pemerintah Negeri Waai, Derek Bakarbessy, meminta maaf atas keterlambatan penyaluran bantuan tersebut. Keterlambatan itu akuinya, tidak disengaja. Sebab, proses pencairan anggaran baru dilakukan pada Agustus bulan ini.

“BLT itu adalah hak masyarakat. Jadi kalau dana sudah cair langsung saya serahkan kepada masyarakat. Saya tidak mau dana ditahan lama-lama dalam rekening. Karena baru proses pencairan. Jadi hari ini (kemarin), kita serahkan BLT untuk 269 KK. BLT yang diterima ini selama 5 bulan sejak bulan April sampai Agustus. Untuk bulan selanjutnya, kalau dananya sudah ada langsung saya serahkan kepada masyarakat,”tutur Bakarbessy.

Baca Juga: Karpan Transparan Soal Anggaran dan Program

Dikatakan, masyarakat sangat antusias dalam menerima bantuan tersebut. Artinya, masyarakat sangat memerlukan bantuan untuk keperluan dan keberlangsungan kehidupan keluarga, khusus dalam menjalani kehidupan di masa pandemi ini.

Sehingga Ia berharap, agar bantuan yang diterima benar-benar dimanfaatkan untuk keperluan keluarga. Bukan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat

“Untuk BLT yang diberikan hari ini, menggunakan DD sebanyak 403,5 juta juta. Untuk itu, saya sangat berharap agar bantuan yang diberikan ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Semoga dapat menjadi berkat bagi keluarga dan anak-anak khususnya dalam menjalani proses beajar dari rumah,” harap Dekan FISIP UKIM ini.

Selain BLT, lanjut dia, ada juga bantuan lainnya yang berasal dari pemerintah, yang akan tersalurkan dalam bulan ini melalui kantor POS. Diantaranya Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Baca juga: Negeri Tawiri Maksimalkan Pelayanan

“Untuk bantuan-bantuan itu, saya sangat keras untuk mengawasinya. Kalau ada yang KK yang sudah terima satu jenis bantuan, maka tidak lagi menerima bantuan lainnya. Saya tegas, supaya semua masyarakat dapat merasakan bantuan yang berasal dari pemerintah. Yang terima BST itu 87 KK, BPNT 94 KK dan 933 dan BLT 269 KK. Semua bantuan itu diterima bulan ini. Jadi total KK di Negeri Waai yang menerima bantuan pemerintah sebanyak 1.383 KK,” rincinya

Sebagai Kepala Negeri, tambah Bakarbessy, pihaknya sangat bersyukur. Karena perhatian pemerintah lewat berbagai bantuan terus dukucurkan kepada masyarakat, khususnya yang berada di desa yang dipimpinnya itu.

Akibatnya, masyarakat sangat mendukung semua program yang dicanangkan. Baik itu program kerja di tingkat desa maupun program tingkat nasional. Diantarannya, Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan Ambon New Port yang dibangun di Desa Waai

“Artinya, karena masyarakat merasakan kehadiran negera lewat berbagai bantuan yang ada. Jadi baik itu program di desa maupun program nasional yaitu LIN dan Ambon New Port, tidak ada satupun warga Waai menolak. Melainkan bangga dan senang, sehingga sangat mendukung proses pembangunan LIN dan Ambon New Port di waktu mendatang. Memang ada orang-orang tertentu yang ingin mengatasnamakan warga Waai menolak itu, tapi karena tidak procedural, jadi itu diabaikan saja. Saya pastikan apa yang menjadi hak masyarakat itu diberikan. Jadi apapun program yang ada pasti masyarakat juga dukung,” tutup Bakarbessy. (LAM)

Comment