by

3.000 Nakes Siap Divaksin Moderna

AMBON-BKA, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon membeberkan jumlah tenaga kesehatan (Nakes) yang akan menerima vaksin ke tahap III dengan jenis Moderna. Yakni sebanyak 3.000 Nakes yang akan disuntik vaksin jenis baru ini.

“Ada sekitar 3.000 Nakes yang nanti akan disuntik vaksin ketiga dengan vaksin jenis Moderna,” kata Kepala Dinkes Kota Ambon, Wendy Pelupessy, kepada awak media, Selasa (10/8).

Dipaparkan, vaksin Moderna yang akan diberikan kepada ribuan Nakes itu merupakan kali ketiga. Karena sebelumnya mereka disuntik dengan vaksin jenis Sinovac dan AstraZeneca.

“Nakes itu sesuai dengan total jumlah yang sudah divaksin kemarin dengan menggunakan vaksin jenis Sinovac dan AstraZeneca. Ini sebagai dasar, ” sebut Wendy.

Baca juga: Cegah Bencana, Damkar Tebang Puluhan Pohon

Dirinya juga memastikan, ribuan Nakes ini sudah mengikuti program vaksinasi jenis Sinovac dan AstraZeneca. “Harus dua kali. Sudah dua kali baru dapat Moderna,” terangnya.

Diakuinya, penyuntikan vaksin Moderna akan dilakukan dengan jangka waktu seperti pemberian vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

“Mereka akan disuntik dengan dua tahap dengan jangka waktu 14 hari untuk penyuntikan kedua. Mereka juga akan dilakukan skiring seperti biasa,” jelasnya.

Sementara bagi Kepala Fasilitas Kesehatan, tambah dia, akan menandatangani pakta integritas dari tempat bertugas ribuan Nakes. Yakni bertujuan untuk pastikan penerima vaksin Moderna adalah Nakes.

Baca juga: PPKM Level III Masih Berlanjut

Dimana telah tertuang dalam Surat Edaran (SE) HK.02.01/I/1919/202 dari Kementerian Kesehatan yang dirilis pada 25 Juli 2021 lalu.

“Saya sudah lakukan zoom dengan kepala-kepala puskesmas, untuk memastikan mereka agar memasukan pakta integritas yang ditandangani, ” ujarnya.

Tambah Wendy, vaksin Moderna yang berasal dari Amerika Serikat ini, sengaja diprioritaskan bagi Nakes di Indonesia. Karena dianggap rentan terpapar Covid-19. “Vaksin Moderna ini diprioritaskan untuk Nakes di Indonesia, ” tutupnya. (IAN)

Comment