by

3.071 Pelamar Ikut Seleksi TKKD

beritakotaambon.com,- Sebanyak 3.071 pelamar ikut seleksi pemetaan Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TKKD) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) . Pelamar yang melakukan pendaftaran terdiri dari tenaga administrasi sebanyak 1.731, tenaga guru sebanyak 920 dan tenaga kesehatan sebanyak 420.

Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Thomas Noach, usai membuka pelaksaaan ujian seleksi pemetaan TKKD Kabupaten MBD yang berlangsung di Gedung Serbaguna Tiakur, 11 Januari, mengatakan, seleksi itu akan berlangsung selama 4 hari, 12 hingga 15 Januari.

Menurutnya, seleksi pemetaan TKKD Kabupaten MBD dilakukan karena pemerintah daerah ingin memastikan TKKD memiliki kompotensi dalam bidangnya. Karena Pemerintah Kabupaten (Pemkab) MBD membutuhkan pelayanan yang merata di 17 kecamatan, 117 desa dan 47 dusun di kabupaten itu.

“Realita saat ini di kabupaten MBD, masih banyak kecamatan, desa dan dusun, yang mengalami kekosongan tenaga kerja. Oleh karena itu, lewat kesempatan ini, TKKD Kabupaten MBD diberikan tiga pilihan wilayah kerja. Pastinya ada pilihan yang benar-benar dari hati, pilihan dengan pikiran dan pilihan karena terpaksa,” kata Noach.

Lanjutnya, pilihan wilayah kerja pada seleksi TKKD itu, yakni, pertama, dinyatakan tidak lulus, maka ada pada pilihan kedua. Saat pilihan kedua diseleksi dan juga dinyatakan tidak lulus, maka sudah tentu ada pilihan ketiga. Ketika dilakukan seleksi lagi pada pilihan ketiga, ternyata dinyatakan tidak lulus, maka peserta seleksi dinyatakan tidak berhasil.

“Seleksi ini memang sesuatu hal yang sebenarnya biasa saja bagi wilayah-wilayah yang sudah terbiasa berkompotisi. Lain halnya di daerah yang belum terbiasa, kompetisi itu seakan seperti momok yang membuat takut,” terangnya.

Ditegaskannya, bagi peserta TKKD yang lulus dan diterbitkan Surat Keputusan (SK) penempatannya dapat melaksanakan tugas dengan baik. Sebab dirinya pernah mendapatkan laporan adanya TKKD yang telah ditempatkan, tetapi tidak melaksanakan tugas dan tetap terima gaji.

“Pernah ada kejadian pada tahun lalu, TKKD tidak pernah melaksanakan tugas, namun diakhir tahun datang untuk minta gaji selama satu tahun (12 bulan). Sehingga lewat seleksi ini, peristiwa seperti itu diharapkan tidak lagi terjadi. Saya berharap, melalui kompetisi saat ini pemerintah daerah dapat memperoleh TKKD yang loyal dan memiliki kemampuan dalam bidangnya,” tandas Noach.(GEM)

Comment