by

3 Masalah Lampard di Chelsea, Kini Thomas Tuchel Benahi

Thomas Tuchel yang menggantikan Frank Lampard sebagai manajer Chelsea sejauh ini sip betul. Tuchel dinilai membenahi tiga masalah Lampard.

Frank Lampard dipecat Chelsea pada 25 Januari kemarin. Itu setelah Chelsea terseok-seok sampai ke peringkat kesembilan alias keluar dari posisi empat besar dan cuma sekali menang di lima pertandingan terakhirnya.

Thomas Tuchel lalu ditunjuk Chelsea sebagai penggantinya. Sejauh ini, eks pelatih PSG dan Borussia Dortmund ini punya catatan yang memuaskan.

Thomas Tuchel sejauh ini memberikan penampilan gemilang. Di delapan laga di seluruh kompetisi, Chelsea dibawanya menang enam kali dan dua kali seri.

Chelsea masih melangkah di Piala FA dan punya modal bagus setelah mengalahkan Atletico Madrid 1-0 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

Di Liga Inggris, The Blues dibawanya kembali bersaing ke pos empat besar Klasemen Liga Inggris. Chelsea sementara berada di peringkat kelima dengan 43 poin beda dua poin dari West Ham United di atasnya.

Dilansir dari The Athletic, Thomas Tuchel dinilai menambal tiga masalah yang dialami Frank Lampard. Tiga masalah itu adalah struktur permainan, garis pertahanan, dan serangan balik.

Di tujuh laga Chelsea, Thomas Tuchel memplot formasi 3-4-3, yang mana menaruh tiga bek di depan kotak penalti. Lalu di pos gelandang tengah, dua gelandangnya juga harus turun sampai ke bawah.

Peran wing back (biasanya diisi oleh Marcos Alonso dan Callum Hudson-Odoi), juga harus turun membantu pertahanan jika sedang tertekan. Chelsea pun punya banyak tenaga untuk menjaga wilayahnya, terbukti baru kebobolan dua gol dari delapan laga.

Chelsea juga memasang garis pertahanan tinggi. Itulah yang membuat Mason Mount dkk mampu mencuri bola kemudian menguasai permainan. Bahkan, ball possession Chelsea di tangan Tuchel sejauh ini berada di atas angka 60 persen.

Serangan balik juga jadi senjatanya Chelsea. Hanya saja, soal finishing harus terus diasah.

Chelsea selanjutnya akan menjamu Manchester United dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-26. Big match Chelsea vs Manchester United bakal berlangsung di Stamford Bridge, London pada Minggu (28/2) pukul 23.30 WIB. Pertandingannya bisa disaksikan lewat Mola TV lewat link berikut ini.
(INT)

Comment