by

30 Guru Agama Ikut Pelatihan PPPHBG

Ambon, BKA- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepulauan Aru, gandeng Balai Diklat Keagamaan Kanwil Provinsi Maluku menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Penilaian Hasil Belajar Guru (PPPHBG) Kemenag, Rabu (31/3).

Kegiatan yang berlangsung di aula Kemang itu, diikuti 30 guru Pendidikan Agama, baik itu guru PNS maupun Honorer lingkup Kemenag Kabupaten Kepulauan Aru.

Tampak hadir Kepala Kemenag Aru, H. ismail Rumfot, Kepala Balai Diklat Kanwil Maluku, Muis Riadi, dan unsur pimpinan lainnya pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kepulauan Aru.

Dalam sambutannya, Kepala Balai Diklat Kanwil Maluku, Muis Riadi mengatakan, dilaksanakannya kegiatan itu untuk meningkatkan mutu dan kualitas guru pada beberapa aspek. Yakni aspek kronologisnya, aspek skrimnya dan aspek etitutnya.
Ketiga aspek ini, menurut dia, saling bersinergi. Sehingga dapat merubah sikap dan mental guru sebagai tenaga pendidik yang propesional dan berkualitas.
“Guru adalah garda terdepan, untuk mencerdaskan anak bangsa, sehingga guru diharapkan mampu mendidik anak-anak sejak dini tentang ahlak dan mental. Jadi, guru juga harus guru yang berkualitas dan bermutu,”ungkapnya.

Di kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kemenag Aru, H. Ismail Rumfot mengungkapkan, kegiatan keagamaan seperti itu adalah tugas dan tanggung jawab Kemenang. Karena guru agama, baik itu guru agama Islam dan Kristen merupakan tanggung jawab Kemenag.

Olehnya itu, untuk mendorong terciptanya kualitas dan mutu guru agama di daerah ini, maka Kemenag hadir lewat kegiatan tersebut. Dengan harapan, para guru agama sanggup menjalankan tugasnya, bukan hanya di sekolah tetapi juga di tengah-tengah masyarakat untuk memanusiakan generasi penerus di Kepulauan Aru.
“Jadi guru agama bukan hanya memberikan pendidikan agam di sekolah, namun guru agama dituntut agar bisa menjadi imam dan pendeta di lingkungannya. Sehingga dapat menunjukan jati dirinya sebagai guru agama, demi memanusiakan generasi penerus di bumi Jargaria/Sarkwarisa tercinta ini,” tutupnya. (WAL)

Comment